Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya
Bak Dinamit, EKO HASTUTI Langsung Meledak!
Dra. Eko Hastuti, M.M.

Bak Dinamit, EKO HASTUTI Langsung Meledak!

Kehadirannya di Gurusiana memang belum lama. Melalui tulisannya yang berjudul Emban Cindhe Emban Siladan (cerpen berbahasa Jawa) yang diunggah tanggal 20 April 2018, ia muncul pertama kali di blog guru Indonesia ini. Namun kemunculannya bak dinamit. Begitu muncul, langsung meledak! Itulah Eko Hastuti.

Bagi saya, kehadiran wanita berusia 52 tahun yang sehari-hari bertugas sebagai guru di SMP Negeri 1 Wonosobo, Jawa Tengah ini sungguh sangat fenomenal. Betapa tidak? Meski kemunculannya di Gurusiana belum lama, namun produktivitas tulisannya bisa dikatakan luar biasa. Coba saja amati! Di hari pertama kehadirannya di Gurusiana (20/4/2018) saja, lulusan IKIP Yogyakarta ini langsung memberondongkan enam tulisan. Pada hari berikutnya sampai akhir April, ia terus menulis tanpa henti, setidaknya dua tulisan per hari. Hasilnya, selama sebelas hari sampai akhir April, ia menghasilkan 31 tulisan.

Di bulan Mei, produktivitas tulisannya memang menurun. Dalam sebulan, ia hanya menghasilkan 19 tulisan. Tentu saja hal ini dapat dimaklumi, mengingat di bulan Mei ia sibuk menjalankan tugas negara, yakni menyelenggarakan UNBK di sekolahnya. Karena itu, hanya sepuluh hari ia bisa mengunggah tulisannya. Namun di bulan Juni, produktivitas tulisannya meningkat lagi. Selama sebulan, ia menghasilkan 27 tulisan. Kemudian di bulan Juli ini (sampai tanggal 8), wanita murah senyum ini telah menghasilkan 12 tulisan. Sehingga sejak tanggal 20 April 2018 sampai saat ini, total tulisannya di Gurusiana telah mencapai jumlah 89 tulisan. Luar biasa, bukan?

Bukan hanya dari sisi produktivitas tulisannya yang menyebabkan saya menilainya sebagai salah seorang penulis fenomenal. Ragam tulisannya pun bermacam-macam. Selain puisi yang rupanya merupakan kegemarannya, Eko Hastuti yang merupakan salah seorang penggerak literasi di kotanya ini juga menulis cerpen, opini, resensi buku, kolom, dan sebagainya. Menurut saya, semuanya bagus. Selain bahasanya ringan, renyah, dan mengalir dengan lancar, isi tulisannya sarat dengan pesan moral. Dengan membaca tulisannya, pembaca diajak untuk lebih meningkatkan kecintaannya pada alam, bersyukur atas karunia Tuhan, mencintai sesama manusia, menyukseskan gerakan literasi, dan sebagainya.

Sejauh ini, Eko Hastuti yang juga suka menulis di media cetak ini telah menghasilkan tiga buku karyanya, masing-masing berjudul Bunga Rampai Guru Kehidupan (2012), Merayu Rindu dan Membaca Tanda, yang keduanya merupakan buku kumpulan puisi yang dibuat setelah ia mengikuti kelas menulis sagusabu di Wonosobo akhir April 2018 silam. Meski baru tiga buku yang dihasilkannya, namun wanita enerjik ini ternyata mempunyai obsesi yang sangat tinggi dalam menulis buku. Ia ingin bisa membuat 75 judul buku. Luar biasa, bukan? Itulah sebabnya maka di dalam bukunya yang berjudul Membaca Tanda, ia memasukkan 75 judul puisinya untuk melambangkan obsesinya tersebut. Sedangkan buku Merayu Rindu yang berisi 52 puisi, melambangkan usianya saat ini yang sudah mencapai 52 tahun.

Semoga saja, selain bisa terus menyemarakkan Gurusiana dan meneruskan kegemarannya menulis di media cetak, Bu Eko Hastuti bisa mewujudkan obsesinya untuk menulis 75 judul buku. Kita doakan saja! [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah, analisis yang tajam dan berbobot

09 Jul
Balas

Mungkin masih cukup banyak yg terlewatkan, Pak. Tapi tidak mengapa.

09 Jul

Karena sibuk dengan cucu lanang, saya jadi ketinggalan cerita ni pak Kepala Sekolah. Betul pak, bu Eko memang bagaikan dinamit yang meledak. Meskipun baru di gurusiana tetapi srikandi dari wonosono ini potensinya luar biasa. Salam sehat dan sukses selalu pak. Barakallah.

09 Jul
Balas

Terima kasih bu Nana, apresiasinya selalu membanggakan. Tapi sebetulnya nggak begitu bu, saya cuma senang saja. Makanya saya harus belajar banyak dengan gurusianer senior dan berpengalaman. Pak Edi P memang luar biasa.

09 Jul

Ya, Bu Raihana, Bu Eko. Kalau diawali dg rasa senang, apa pun yg kita kerjakan insyaallah hasilnya akan maksimal.

09 Jul

Terima kasih pak Edi telah membuat ulasan tentang aktivitas literasiku di gurusiana. Luar biasa dalam waktu yang singkat bapak berhasil menyuguhkan tulisan dengan analisis yang tajam dan berbobot seperti kata Syaihu. Itu pun tanpa wawancara dengan yang bersangkutan. Alhamdulillah, di gurusiana ini ada gurusianer yang peduli dan selalu mengapresiasi, memotivasi, juga mengkritisi gurusianer pemula. Beliau antara lain, pak Edi P, pak Syaihu, bu Raihana R, bu Sugiastuti, bapak Bonari N, dan lainnya. Tulisan ini menambah pamor pak Edi selain sebagai gurusianer populer juga motivator dan inspirator literasi. Keren... keren... keren...

09 Jul
Balas

Tulisan ini, selain utk menunaikan janji saya kemarin, juga utk memotivasi teman2 sesama gurusianer, Bu. Semoga bisa dipetik manfaatnya.

09 Jul

Betul pak, saya setuju. Gurusianer perlu diapresiasi karyanya agar lebih bergairah dalam menulis. Perlu guru literat yang inspiratif untuk menggerakkan guru yang masih kesulitan menulis. Terima kasih bapak telah menepati janji walaupun saya tidak menagihnya haha...

09 Jul

Hehe...menepati janji tak perlu menunggu ditagih dulu. Teruslah menulis sekaligus menggerakkan teman2 yg lain, Bu.

09 Jul

Nggih pak, insyaallah. Matur nuwun.

09 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali