Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya
Berseragam Batik, Siswa Tampak Lebih Cantik
LEBIH CANTIK : Sebagian siswa SMAN 1 Sokaraja yang berseragam batik, tampak semakin cantik.

Berseragam Batik, Siswa Tampak Lebih Cantik

Dulu, pakaian batik identik dengan pakaian orang-orang tua. Pakaian yang hanya dianggap cocok dipakai saat menghadiri acara-acara tertentu. Tapi kini, pakaian batik sudah menjadi pakaian milik semua kalangan dan tak pandang usia. Dari anak-anak sampai kakek-nenek, semua cocok mengenakan pakaian batik.

Tak terkecuali anak-anak sekolah. Banyak siswa SD/MI sampai SMA/SMK/MA, yang pada hari-hari tertentu mengenakan seragam batik. Termasuk siswa SMAN 1 Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bagi siswa SMAN 1 Sokaraja, mengenakan seragam batik merupakan salah satu kebanggan bagi mereka? Mengapa? Memang apa sih istimewanya batik? Ya, sudah sejak 10 tahun yang lalu, sekolah ini melaksanakan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) Batik. Setiap siswa, dari kelas X sampai kelas XII diajari keterampilan membatik, 2 jam pelajaran perminggu.

Tak mengherankan jika semua siswa lulusan sekolah ini, setelah lulus memiliki keterampilan dan sertifikat membatik. Istimewanya, mereka tidak sekadar diajari membatik, namun dituntut pula untuk bisa menciptakan motif-motif batik sesuai dengan kreasinya. Motif-motif batik karya siswa yang dinyatakan bagus, kemudian dibuatkan canting cap untuk koleksi sekolah.

Tidak hanya itu! Siswa juga diminta untuk membuat kain batik, yang hasilnya akan mereka jadikan pakaian seragam, yang akan mereka pakai pada kelas berkutnya. Karena pakaian seragam batik yang mereka kenakan adalah batik buatan mereka sendiri, maka sangat wajar jika kemudian mereka sangat bangga saat mengenakannya.

Tidak hanya siswa yang bangga mengenakan seragam batik. Kami para guru dan karyawan pun ikut bangga mengenakan seragam batik karya siswa SMAN 1 Sokaraja.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Cantik dan serasi Cintai batik Indonesia

14 Feb
Balas

Betul, Bu Sri. Siapa lagi kalau bukan kita yg memcintai.

14 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali