Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya

Disdikbudprov Jateng Dorong Sekolah Kembangkan Seni Budaya Khas Daerah

Dalam rangka turut mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah di Jawa Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah mendorong sekolah-sekolah untuk bisa mengembangkan seni budaya yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Untuk itu, langkah awal yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melalui Balai Pengembangan Seni Budaya dan Bahasa Daerah adalah memilih 12 SMA untuk dijadikan proyek percontohan.

Keduabelas sekolah tersebut masing-masing SMAN 1 Karanggede, Boyolali; SMAN 1 Andong, Boyolali; SMA Muhammadiyah 1 Blora; SMAN 1 Sampang, Cilacap; SMAN 1 Sokaraja, Banyumas; SMAN 1 Wuryantoro, Wonogiri; SMAN 1 Moga, Pemalang; SMAN 2 Semarang; SMAN 2 Brebes; SMAN 2 Kebumen; SMAN 1 Wonosobo; dan SMAN 1 Bae, Kudus.

Bertempat di ruang rapat Bidang Pembinaan SMA Gedung C lantai 3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, kemarin (10/7) 12 kepala sekolah dari sekolah-sekolah tersebut dikumpulkan untuk mengadakan rapat koordinasi. Dalam rapat koordinasi tersebut, Kasubbag Pengembangan Seni Budaya dan Bahasa Daerah Disdikbud Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sugiyarto meminta agar keduabelas sekolah tersebut dapat memberikan perhatian yang tinggi dalam upaya pengembangan seni budaya khas daerahnya masing-masing, baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Untuk itu, masing-masing sekolah diminta untuk dapat menggandeng sanggar seni maupun pegiat seni daerah setempat, untuk melatih peserta didiknya. Guna membantu kelancaran pelaksanakan kegiatan, keduabelas sekolah tersebut akan diberi dana bantuan sebesar 10 juta rupiah per sekolah.

Lebih lanjut Sugiyarto menjelaskan, bahwa selain untuk turut mengembangkan dan melestarikan seni budaya khas daerah setempat, kegiatan yang dilakukan sekolah ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika ada kegiatan-kegiatan seni budaya di tingkat nasional. "Saat dibutuhkan, mereka tinggal dipoles sedikit untuk kemudian mewakili Jawa Tengah dalam kegiatan tersebut," ujar Sugiyarto.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat sukses.

11 Jul
Balas

Terima kasih sekali, Pak Darto.

11 Jul

Sukse terus Pak Edi ....

11 Jul
Balas

Ini merupakan amanah baru, Pak. Semoga kami bisa melaksanakannya dengan baik. Terima kasih atas doanya, Pak.

11 Jul

Alhamdulillah, itu berarti anak-anak kita dapat mengenal budaya daerahnya lebih baik lagi ditengah serangan budaya asing yang sangat gencar di era globalisasi ini. Salam sehat dan sukses selalu pak kepala sekolah. Barakallah.

11 Jul
Balas

Iya, Bu betul sekali. Ini langkah bagus utk meningkatkan peran sekolah dlm melestarikan seni budaya daerah.

12 Jul

Sukses pak Edi ... Semoga daerah lain bisa mencontoh

13 Jul
Balas

Ya, Bu. Nantinya daerah lain saya kira juga seperti itu.

13 Jul

Sukses pak Edi ... Semoga daerah lain bisa mengmbil langkah yg sama

13 Jul
Balas

Sangat setuju pak. Selain untuk mengenalkan budaya setempat kepada generasi muda juga sekaligus nguri-uri budaya, khususnya kesenian tari tradisional. Semoga sukses, alhamdulillah didukung dengan dana walaupun hanya secukupnya. Selamat menjalankan tugas pak Edi.

11 Jul
Balas

Ya, Bu. Ini merupakan salah satu kangkah strategis Disdikbud Prov. Jateng utk nguri-uri sekaligus mengembangkan seni budaya khas daerah.

11 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali