Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya

Hampir Semua Tulisan Tak Laku

Sepertinya, selama bulan Ramadan ini, lebih-lebih saat mendekati lebaran seperti ini, hampir semua tulisan di gurusiana tak laku! Hanya sedikit orang yang mau membacanya, apalagi memberinya komentar. Sebagus apa pun tulisan Anda! Apakah sebagai penulis Anda harus kecewa?

Tak perlu kecewa! Kita harus memaklumi. Pada bulan Ramadan seperti ini, orang lebih memilih melaksanakan aktivitas keagamaan yang mendatangkan banyak pahala, semisal membaca Alquran, daripada membaca tulisan di gurusiana. Bahkan selain itu, di saat mendekati lebaran seperti ini, orang sedang memikirkan banyak hal terkait dengan persiapan lebaran. Membeli pakaian baru, menyiapkan aneka hidangan untuk tamu dan kerabat, dan sejenisnya tentu akan lebih diprioritaskan daripada membaca tulisan di gurusiana.

Akibatnya, tulisan kita tak banyak dibaca orang. Tapi percaya saja. Apa pun tulisan kita, lebih-lebih yang tak terbatas pada kegiatan Ramadan, suatu saat nanti akan dibaca orang juga. Setelah lebaran nanti, tentu orang akan mau meluangkan waktu untuk membaca tulisan kita. Sebab pada hakikatnya, kebanyakan orang memahami bahwa semua tulisan tentu ada manfaatnya untuk menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan. Hanya karena belum sempat saja maka untuk saat ini orang belum mau membaca.

Kalaupun nantinya tulisan kita tetap tidak banyak dibaca orang, kita tetap tak perlu kecewa. Asal saat menulis kita berniat berbagi ilmu untuk orang lain, maka sedikit-banyaknya pembaca tak akan berpengaruh pada pahala yang kita terima dari-Nya. Semoga saja seperti itu.[*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Betul pak, tulisan bapak masih laku koq, buktinya saya baca dan komentari

11 Jun
Balas

Hehehe... Yg paling laku tentu saja tulisan Pak Syaihu shg selalu nomor 1.

11 Jun

Sangat maklum pak, andaikan niatnya untuk kebaikan berkah, insyaallah

11 Jun
Balas

Amin. Ya, Pak insyaallah tetap berkah.

11 Jun

Sementara yg laris selongsong ketupat

11 Jun
Balas

Hehehe... Iya, Pak, betul!

11 Jun

Biarkan tulisan kita menemukan takdirnya sendiri...hehehe, begitu kata sesepuh MediaGuru. Salam sehat dan sukses selalu pak kepala sekolah. Barakallah.

11 Jun
Balas

Iya, Bu. Betul sekali.

11 Jun

Beberapa hari ini saya malah lebih banyak membaca karya teman-teman pak, tapi tidak semua saya komentari. Kemarin saya komentar sedikitnya 10 tulisan, rasanya nggak kalah dengan menulis. Salut buat teman-teman yang tetap konsisten menulis walaupun dalam kondisi sempit dan repot, luar biasa.

11 Jun
Balas

Ya, Bu. Disempat-sempatkan tentunya. Berusaha utk konsisten.

11 Jun

Dont worry..

11 Jun
Balas

Yes, Sir.

11 Jun

Be bappy..... Tetap semangat pak...

11 Jun
Balas

Iya, Bu. Tetap semangat. Menyambut lebaran dg hati gembira.

11 Jun

Iya Pak... Jangan khawatir, walau tidak hari itu tulisan yang menarik akan tetap diburu. Seperti tulisan Pak Edi

12 Jun
Balas

Hehehe...yg penting menulis dg niat berbagi ya, Bu Nia?

12 Jun

Saya sangat senang ketika membaca paragraf paling akhir... hhmmm pesan yang sangat bagus.. arif bijaksana dan agamis.. kereen pak Edi...

12 Jun
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih sekali, Bu Dewi.

12 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali