Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya

Hindari Kesalahan Penulisan di Gurusiana

Menulis di media online, termasuk di Gurusiana, memang demikian mudahnya. Siapa saja bisa melakukannya. Tinggal membuat akun pribadi, menulis, lalu mengunggah, selesai. Sama sekali tak ada proses penyaringan dan penyuntingan dari redaktur seperti di media cetak. Sehingga entah ada kesalahan penulisan entah tidak, tetap saja tulisan tersebut muncul.

Meski demikian, karena sebagian besar penulis di Gurusiana adalah guru, maka sedapat mungkin harus dihindari terjadinya kesalahan-kesalahan penulisan. Bagaimanapun, semua guru dianggap telah memahami aturan-aturan dalam penulisan. Jika guru saja masih melakukan kesalahan dalam penulisan, bagaimana nanti siswanya?

Namun setelah saya amati, ada beberapa kesalahan penulisan yang masih cukup sering terjadi di Gurusiana. Kesalahan dalam penulisan judul dan penulisan kata, adalah dua di antaranya.

Sering saya amati, ada judul tulisan yang ditulis layaknya sebuah kalimat. Dari beberapa kata yang ada dalam judul tulisan tersebut, hanya kata pertama yang diawali dengan huruf kapital. Tentu saja hal ini tidak benar. Yang benar, setiap kata yang terdapat pada judul tulisan, diawali dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tertentu.

Kata-kata dan, dengan, yang, untuk, buat, di, ke, kepada, dari, daripada, dan beberapa kata lainnya, penulisannya pada judul tidak diawali dengan huruf kapital kecuali jika terdapat pada awal judul. Namun demikian, masih cukup banyak penulis di Gurusians yang menuliskan kata-kata tersebut diawali dengan huruf kapital.

Kesalahan penulisan kata juga masih cukup sering saya jumpai. Kata yang huruf akhirnya k yang mendapat akhiran kan misalnya, ada yang menuliskannya huruf k-nya cuma satu, padahal mestinya dua. Misal: kata menunjukkan, memasukkan, dan menegakkan ditulis menunjukan, memasukan, dan menegakan.

Begitu pula kata yang huruf akhirnya n dan mendapat akhiran nya, sering ditulis hanya dengan satu huruf n. Misal: kata lainnya, badannya, kebaikannya, dan kehebatannya ditulis lainya, badanya, kebaikanya, dan kehebatanya.

Adanya kesalahan-kesalahan penulisan tersebut, memang tidak akan menimbulkan bahaya. Namun sebagau guru yang mestinya menjadi sosok yang bisa digugu dan ditiru, tentu akan merasa malu jika masih sering melakukan kesalahan dalam penulisan. Guru semacam itu bisa saja dianggap masih rendah kemampuan berbahasa tulisnya.

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan penulisan seperti itu, setidaknya ada dua hal yang harus dilakukan guru. Pertama, usahakan setiap guru benar-benar memahami aturan penulisan yang benar. Mempelajari PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap guru. Dengan rajin mempelajari PUEBI, akan kecil kemungkinannya guru melakukan kesalahan dalam penulisan.

Kedua, melakukan penyuntingan sebelum mengunggah tulisan. Setelah guru selesai menulis, jangan buru-buru mengunggah. Cek dulu dan lakukan penyuntingan terhadap tulisan yang sudah dibuat. Dengan melakukan pengecekan dan penyuntingan, guru akan bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan penulisan yang ada, mengganti kata, menambah kata, atau bahkan menghapus kata yang dianggap tidak perlu.

Jika dua hal tersebut dilakukan guru, insyaallah kesalahan penulisan yang dilakukan guru akan bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, bagi Anda yang berlatar belakang pendidikan Bahasa Indonesia, ada baiknya mau berbagi ilmu mengenai penulisan yang baik dan benar di Gurusiana ini.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini ada manfaatnya. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sudah dingatkan kembali, Alhamdulillah Terima kasih Pak Edi

31 Oct
Balas

Iya, Bu. Kadang masih ada yg lupa.

31 Oct

Nggih pak !!

31 Oct
Balas

Alhamdulillah. Saling mengingatkan ya, Pak.

31 Oct

Mantabs pak Kepala Sekolah , masukan yang sangat berguna

31 Oct
Balas

Hehe...sak isane wae, Pak.

31 Oct

Terima kasih diingatkan kembali pak

31 Oct
Balas

Ya, Bu. Ini utk mengingatkan kembali.

31 Oct

Mantaaap...sangat bermanfaat, , bila memungkinkan , sesama gurusianer bisa menberikan komentar juga tentang penulisan...

31 Oct
Balas

Ya, Bu. Siap.

31 Oct

Sangat bermanfaat sekali Pak... Trimakasih ilmunya.

01 Nov
Balas

Ya, Bu. Syukur kalau bermanfaat.

01 Nov

Alhamdulillah, dapat pencerahan luar biasa. Jazakallah khoir untuk ilmunya ini , pak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak kepala sekolah.

31 Oct
Balas

Sebenarnya saya sdh beberapa kali menulis ttg ini. Namun krn msh ada di antara kita yg melakukan kesalahan penulisan, ada baiknya saya menuliskannya lagi. Salam sehat dan sukses juga, Bu.

31 Oct

Terimakasih pengingatnya pak, barakallah

31 Oct
Balas

Ya, Bu. Sama-sama, semoga bermanfaat.

31 Oct

Terima kasih Pak atas pencerahannya.

31 Oct
Balas

Sama-sama, Bu. Semoga ada manfaatnya.

31 Oct

Matur nuwun Pak Kasek...Inyong Klampok Banjarnegara

31 Oct
Balas

O nggih, Pak Munir. Lha mangga nyerat, ngentosi napa?

31 Oct

Betul pak, apalagi bagi saya yg pemula dalam menulis harus banyak belajar lagi. Terimakasih pak atas masukannya.

31 Oct
Balas

Iya, Bu. Kadang kita tdk sadar kalau melakukan kesalahan dlm penulisan. Ini utk saling mengingatkan, Bu Fifi.

31 Oct

Terimakasih,atas informasih nya

02 Nov
Balas

Ya, Bu sama2. Semoga bermanfaat.

02 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali