Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya
Lintas Minat SMA-SMK, Mungkinkah?
Direktur Pembinaan SMA, Drs. Purwadi Sutanto, M.Si., sedang memberi pengarahan pada kegiatan Bimtek Bantuan Pemerintah Program Kewirausahaan di SMA, di Hotel Salak Tower, Bogor, Senin (12/3) sore.

Lintas Minat SMA-SMK, Mungkinkah?

Program lintas minat antara SMA dengan SMK? Mungkinkah itu bisa dilaksanakan? Terus bagaimana caranya? Itulah salah satu ide besar yang tengah digagas oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adanya ide gila tersebut diungkapkan oleh Direktur Pembinaan SMA, Drs. Purwadi Sutanto, M.Si., saat memberi pengarahan pada kegiatan Bimtek Bantuan Pemerintah Program Kewirausahaan di SMA, di Hotel Salak Tower, Bogor, Senin (12/3) sore.

Ide gila itu muncul setelah melihat kenyataan, bahwa lulusan SMA yang melanjutkan pendidikannnya ke Perguruan Tinggi hanya sekitar 60% - 65%. "Padahal, SMA itu diselenggarakan untuk menyiapkan lulusannya guna melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sehingga yang sekitar 35% - 40% lulusan SMA ini harus diapakan?" Ujar Purwadi.

Itulah sebabnya, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Pembinaan SMA, menyelenggarakan Program Kewirausahaan di SMA. Melalui program ini, siswa SMA selain dibekali ilmu-ilmu dasar untuk melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi, juga dibekali keterampilan kewirausahaan untuk bekal bekerja.

Di sisi lain, SMK yang diselenggarakan untuk menyiapkan lulusannya agar bekerja, kenyataannya ada juga yang memilih melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi. Meski tidak menyebut jumlah lulusan SMK yang memilih kuliah, namun Purwadi menilai bahwa lulusan SMK yang memilih kuliah tersebut tentu perlu mendapatkan ilmu-ilmu dasar yang memadai.

Atas dasar kenyataan seperti itu, Purwadi menyatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan nantinya akan diadakan Program Lintas Minat antara SMA dengan SMK. Inti dari program ini adalah, bahwa siswa SMA yang memang tidak berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi, akan diberi bekal keterampilan di SMK. Sebaliknya, siswa SMK yang benar-benar memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi, akan mendapatkan bekal ilmu-ilmu dasar di SMA.

Jika ide gila ini nantinya benar-benar bisa diwujudkan, tentu akan merupakan langkah cerdas yang sangat berharga untuk mengatasi persoalan besar yang selama ini terjadi, baik di SMA maupun di SMK. Namun tentang bagaimana pelaksanaan dari ide ini secara detail, Purwadi belum bisa nengungkapnya.

"Yang jelas, Kurikulum 2013 mempunyai karakter yang sangat akomodatif. Sehingga kemungkinan adanya lintas minat antara SMA dengan SMK, bisa saja dilakukan. Saat ini, ide tersebut sedang digodok. Soal bagaimana pelaksanaannya nanti, tunggu saja nantinya seperti apa," ujar Purwadi.

Kita tunggu saja seperti apa pelaksanaan terobosan besar yang sedang digagas oleh pemerintah ini. Yang jelas, sebagai guru, kita tentu menyambut baik dan siap melaksanakan program pemerintah yang selama ini mungkin sama sekali tak pernah terlintas di benak kita.*

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mungkinkah... Ya mungkin asal diseting dan risenya benar, bisa dijadikan bahan auan untuk mengambil kebijakan yang tepat. Sehingga tidak menjadi proyek yang gatot.. gagal total maksudnya

13 Mar
Balas

Betul, Bu. Hrs direncanakan dg cermat, mempertimbangkan berbagai aspek, agar tdk mengalami kegagalan.

13 Mar

semoga terealisasi. program yang sagat bagus itu bapak...

13 Mar
Balas

Ya, Bu. Semoga saja bisa terealisasi dg baik.

13 Mar

selamat pak....

13 Mar
Balas

Ya, Pak. Terima kasih.

13 Mar

saya mendukung sekali karena seperti pengalamn saya sebagai lulusan SMU jauh sekali keterampilan yang saya peroleh dengan teman seusia saya dulu yang menjadi lulusan SMK, dan untuk setera saya mengambil pendidikan keterampilan tambahan diluar sekolah.

13 Mar
Balas

Ya, Bu Yuki. Betul sekali. Mdh2an akan segera direalisasikan.

13 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali