Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya

Penulisan Judul yang Benar

Ibarat wanita, judul tulisan itu merupakan wajahnya. Ia harus cantik, sehingga akan menarik calon pembaca untuk membaca tulisan tersebut. Selain harus menarik, judul tulisan juga harus benar penulisannya. Penulisan judul yang benar, selain diperlukan dalam kaidah penulisan juga akan menunjukkan tingkat kemampuan berbahasa tulis penulisnya.

Harus diakui, selama ini masih dijumpai adanya penulisan judul tulisan yang masih belum benar, terutama tulisan di media online. Ini membuktikan bahwa ternyata masih ada sebagian penulis yang masih belum memahami penulisan judul yang benar.

Ada dua cara penulisan judul tulisan. Pertama, dengan menggunakan huruf kapital semua. Penulisan dengan cara ini akan sangat mudah, karena penulis tidak perlu memikirkan benar-tidaknya penulisan judul. Asal penulisan katanya sudah benar dan semua hurufnya kapital, maka penulisan judul tersebut tentu sudah benar. Bagi penulis yang masih belum begitu memahami ketentuan penulisan judul tulisan, disarankan memakai cara yang pertama ini.

Kedua, dengan menggunakan huruf kecil. Penulisan dengan cara ini, semua kata yang terdapat dalam judul tulisan ditulis dengan menggunakan huruf kecil, kecuali huruf pertama di awal kata yang umumnya harus ditulis menggunakan huruf kapital. Saya katakan "umumnya" karena memang ada pengecualiannya.

Pengecualian itu berlaku untuk penulisan kata depan, kata sandang, dan kata hubung. Penulisan kata-kata tersebut pada judul tulisan, tetap menggunakan huruf kecil semua, kecuali jika kata tersebut terdapat di awal judul yang penulisannya harus diawali dengan huruf kapital.

Di sinilah letak kesulitannya. Untuk bisa menulis judul yang benar menurut cara yang kedua ini, penulis dituntut untuk benar-benar mengetahui kata-kata apa saja yang termasuk kata depan, kata sandang, dan kata hubung. Tanpa mengetahuinya, sangat mungkin penulis akan keliru dalam menuliskan judul tulisannya.

Beberapa kata yang termasuk kata depan adalah: di, ke, dari, pada, dalam, antara, kepada, akan, terhadap, dengan, daripada, tentang, mengenai, hingga, sampai, untuk, buat, guna, dan bagi. Sedangkan yang termasuk kata sandang antara lain adalah: yang, para, sang, dan sri.

Adapun kata hubung antara lain: dan, serta, tetapi, sedangkan, atau, maupun, sejak, sesudah, guna, untuk, agar, supaya, karena, sebab, sehingga, dan sampai.

Penulisan kata-kata tersebut dalam judul tulisan, tidak diawali dengan huruf kapital, kecuali jika kata-kata tersebut terdapat di awal judul.

Mudah-mudahan tulisan sederhana ini ada manfaatnya, dan mohon maaf jika masih ada kesalahannya. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terimakasih bapak, sudah mengingatkan kembali cara menulis judul... Semakin hari semakin memperbaiki dini, hari dapat tips menulis lagi dari Bapak

05 Nov
Balas

Sama2, Bu. Semoga bermanfaat.

05 Nov

Terima kasih ilmu yang bermanfaat, saya juga masih sering bingung ketika membuat judul. Untuk lebih amannya saya pilih yang pertama saja nopo njih Pak?

05 Nov
Balas

Itu lebih aman, Bu. Tapi yg kedua juga perlu dicoba.

05 Nov

Sangat bermanfaat, terimakasih Bapak

05 Nov
Balas

Sama2, Bu. Syukur kalau bermanfaat.

05 Nov

Jazakallah khoir, pak. Sangat bermanfaat. Saya juga termasuk sering lupa-lupa ingat (Hehehe...nenek-nenek). Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak kepala sekolah.

05 Nov
Balas

Amin. Utk mengingatkan kita, Bu. Salam sehat juga.

05 Nov

Menambah ilmu ,hebat tulisannya

05 Nov
Balas

Mudah2an ada manfaatnya, Pak.

05 Nov

Terimakasih pak, sangat membantu sy yg tak punya ilmu bahasa. Sukses selalu dan barakallah

05 Nov
Balas

Sama2, Bu. Semoga ada manfaatnya.

05 Nov

Ulasan yang mengingatkan saya Pak...

05 Nov
Balas

Semoga ada manfaatnya, Bu.

05 Nov

Terimakasih atas informasinya Pak.

05 Nov
Balas

Sama2, Bu Nurmalia. Semoga ada manfaatnya.

05 Nov

terima kasih pak.sukses selalu

05 Nov
Balas

Sama2, Pak Edy. Sukses juga buat Bapak.

05 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali