Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya
Peringati Hari Kartini dengan Menulis Puisi
Foto RA. Kartini (sumber : Wikipedia)

Peringati Hari Kartini dengan Menulis Puisi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sekolah untuk memeringati Hari Kartini tahun ini. Sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa perjuangan tokoh emansipasi wanita Indonesia tersebut, setiap sekolah sesuai dengan kreasinya akan mengadakan berbagai kegiatan. Selain upacara bendera, berbagai lomba pun akan diadakan.

Begitu pula yang akan dilakukan siswa SMAN 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Dengan maksud agar peringatan Hari Kartini tahun ini bisa memberikan kenangan tersendiri, mereka akan mengadakan lomba menulis puisi. Temanya emansipasi wanita dengan tokoh RA Kartini. Setiap kelas setidaknya diwakili oleh dua siswa, putra dan putri.

Melalui lomba ini, sekolah ingin menggali dan mengembangkan potensi siswa dalam bidang sastra, khususnya puisi. Dengan memberikan kebebasan berkreasi dalam menulis puisi, diharapkan akan tercipta puluhan puisi karya siswa yang tidak hanya sesuai dengan tema emansipasi wanita, tapi juga sesuai dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat ini.

Rencananya, puisi-puisi terbaik karya siswa tersebut nantinya akan dibukukan dalam antologi puisi. Dengan demikian, selain hal itu akan memberikan kenangan tersendiri bagi sekolah dalam memeringati Hari Kartini tahun ini, juga diharapkan akan menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri di kalangan siswa bahwa ternyata mereka mampu menulis puisi.

Lebih lanjut, hal itu sekaligus merupakan salah satu bukti pemberian apresiasi sekolah terhadap kreativitas siswa di bidang sastra. Buku antologi puisi karya siswa tersebut diharapkan setidaknya akan menambah koleksi buku di perpustakaan sekolah sendiri maupun sekolah-sekolah lain di Banyumas. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantap Pak, mengenang sejarah melalui karya sastra....Sukses selalu

16 Apr
Balas

Ya, Bu. Sastra memang bisa dipakai untuk menggambarkan apa pun, termasuk peristiwa bersejarah. Sukses juga untuk Bu Desi.

16 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali