Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya
RAB dan Action Plan Harus Selesai Sore Ini!
SERIUS : Peserta Bimtek Bantah Program Kewirausahaan di SMA tampak sangat serius membuat RAB dan Action Plan, di Hotel Salak Tower, Bogor, Rabu (14/3).

RAB dan Action Plan Harus Selesai Sore Ini!

Sebanyak 102 Kepala SMA yang berasal dari 14 provinsi, yang meliputi semua provinsi dari wilayah Sumatera, ditambah DKI, Banten, Jabar dan Jateng, yang sedang mengikuti Bimbingan Teknis Bantuan Pemerintah Program Kewirausahaan di SMA, benar-benar tak mengenal lelah. Setelah mengikuti kegiatan sejak hari Senin (12/3), siang sampai sore (Rabu, 14/3) ini, dituntut oleh panitia untuk bisa menyelesaikan Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan Action Plan. Meski hampir semua peserta bimtek sudah cukup berumur, namun semangatnya benar-benar tak pernah kendur!

Dengan dipandu oleh seorang pembimbing, 102 peserta bimtek yang dibagi menjadi 10 kelompok itu sibuk menjalankan tugas. Ketika menyusun RAB, masing-masing peserta diminta untuk bisa menjabarkan dana bantuan pemerintah sejumlah 100 juta rupiah itu ke dalam 8 macam kegiatan. Kedelapan kegiatan tersebut meliputi: Koordinasi persiapan dan perencanaan kegiatan; Pengembangan kewirausahaan pada kurikulum sekolah; Sosialisasi kepada warga sekolah dan sekolah sekitar; Motivasi dari wirausahawan dan kunjungan ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI); IHT Kewirausahaan; Implementasi kewirausahaan melalui Kelompok Usaha Siswa (KUS); Biaya perjalanan; dan Penyusunan laporan dan dokumentasi.

Selanjutnya, kedelapan kegiatan itu harus dijabarkan ke dalam Action Plan, yang meliputi: Jenis Kegiatan; Uraian kegiatan; Sasaran/output; Waktu dan tempat pelaksanaan; Penanggung Jawab Program; dan Peserta kegiatan.

Setelah nanti RAB dan Action Plan selesai disusun, selanjutnya akan dikoreksi oleh masing-masing pembimbing kelompok. Jika sudah disetujui oleh pembimbing kelompok, RAB maupun Action Plan tersebut selanjutnya akan dijadikan acuan atau pedoman dalam melaksanakan Program Kewirausahaan di sekolah masing-masing.

Semoga saja, kerja keras bapak ibu kepala sekolah selama empat hari mengikuti bimtek di Hotel Salak Tower, Bogor, ini benar-benar akan membuahkan hasil yang sangat besar manfaatnya dalam menyukseskan Program Kewirausahaan di SMA.

Ayo, bapak ibu! Terus semangat! Maju bersama, hebat semua!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kelompok 4 siap sudah selesai dg didampingi oleh Ibu Rosmals Sari Dewi S. Mantapp

14 Mar
Balas

Sip! Mdh2an kelompok yang lain sebentar lagi juga selesai.

14 Mar

Pak Edi kelompok berapa...? hehehe. Baarokallah....Pak.

14 Mar
Balas

Hehehe...sy kelompok yg sdh selesai, makanya bisa nulis, Bu Raihana. Selamat beristirahat.

14 Mar

Semangat bapak, maju terus pantang mundur

14 Mar
Balas

Ya, Bu Lydia. Tetap semangat.

14 Mar

Siiip, mudah2an lain waktu kami kena giliran.

02 Apr
Balas

Ya, Bu. Semoga saja tahun depan.

02 Apr

Siiip, mudah2an lain waktu kami kena giliran.

02 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali