Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya
SOPYAN, Penulis Potensial dari Karawang
SOPYAN, MA.

SOPYAN, Penulis Potensial dari Karawang

Menyebut penulis-penulis potensial di Gurusiana, nama Sopyan tentu tak boleh ditinggalkan. Lelaki lulusan IKIP Bandung tahun 1992 (S-1) dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) tahun 2017 (S-2) ini, sehari-harinya bertugas sebagai guru SD Negeri 1 Jatisari, Karawang, Jawa Barat. Sesuai dengan tekadnya, meski disibukkan dengan tugas-tugas kedinasannya sebagai guru, ia ingin terus belajar menulis, dengan harapan nantinya akan bisa menjadi penulis sejati.

Tekad Pak Guru yang satu ini ternyata tidak hanya disimpan di hati atau sekadar ditulis di dalam buku memori. Tidak juga hanya diucapkan secara lisan. Tekad yang mulia ini benar-benar telah dibuktikan dalam menyataan. Salah satu bukti nyata dari perwujudan tekadnya tersebut, dapat dilihat dan dibaca dalam Gurusiana. Meski tak terlalu banyak jumlahnya, namun tulisan-tulisan Pak Sopyan telah mampu memberikan warna tersendiri bagi Gurusiana. Dengan tulisan-tulisannya yang cukup beragam, Pak Sopyan telah turut ambil bagian dalam menyediakan menu bacaan yang bisa dipilih oleh pembaca Gurusiana.

Jika menilik jumlah tulisannya, produktivitas Pak Sopyan memang belum bisa dikatakan tinggi. Sejak awal bulan Januari 2018 sampai tulisan ini dibuat (8/7), Pak Sopyan “baru” menghasilkan 73 tulisan. Rincaiannya: Januari 7 tulisan, Februari 13 tulisan, Maret 18 tulisan, April 4 tulisan, Mei 5 tulisan, Juni 17 tulisan, dan Juli (sampai tanggal 8) 9 tulisan. Jumlah ini jelas masih di bawah jumlah tulisan yang dihasilkan oleh penulis-penulis potensial lainnya, seperti Pak Mulya, Pak Slamet Yuliono, Pak Ahmad Syaihu, Bu Raihana Rasyid, Bu Sri Sugiastuti, atau yang lainnya.

Meski demikian, tulisan-tulisan Pak Sopyan ternyata mengandung tema yang cukup beragam. Tema-tema terkait dengan keguruan memang lebih dominan. Tentu ini merupakan hal yang wajar, mengingat dalam keseharian Pak Sopyan memang berprofesi sebagai guru. Namun selain tema keguruan, cukup banyak pula tulisan Pak Sopyan yang mengandung tema sosial, ekonomi, keagamaan, bahkan politik. Hal ini menunjukkan, bahwa keinginan Pak Sopyan untuk menjadi penulis sejati benar-benar sedang diusahakannya, dengan terus menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan berpikirnya. Rupanya, meski berprofesi sebagai guru, Pak Sopyan tak ingin berkutat hanya menulis hal-hal yang menyangkut tugas-tugas guru.

Ada satu hal lagi yang membuat saya begitu salut kepadanya. Dalam setiap tulisannya, ketentuan mengenai tatatulis benar-benar dijaganya. Mulai dari penulisan judul, penulisan kata, sampai penggunaan tanda baca, hampir tak ada kesalahan. Saya katakan hampir, karena meski masih dijumpai kesalahan, tapi jumlahnya sangat sedikit. Saya yakin, hal itu terjadi semata-mata karena masih kurang telitinya Pak Sopyan dalam melakukan penyuntingan tulisan. Jika Pak Sopyan mau lebih cermat lagi dalam proses penyuntingan sebelum mengunggah tulisannya, tentu kesalahan yang sedikit itu akan bisa lebih ditekan atau bahkan dihilangkan.

Teruslah menulis, Pak Sopyan. Semoga keinginan Bapak untuk menjadi penulis sejati, atau Pak Sopyan menyebutnya dengan istilah penulis sungguhan, akan benar-benar menjadi kenyataan. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah pasti jika pak Sopyan membaca kepala sekolah gurusiana pak Edi Prasetyo, semua titahnya pasti akan dilaksanakan supaya dapat naik kelas penulisan berikutnya

08 Jul
Balas

Hhhhhh....biar Pak Sopyan tambah bersemangat, Pak. Bagaimanapun, mendorong teman utk mengembangkan potensinya perlu kita lakukan, Pak.

08 Jul

Tugas saya sudah ada yg menggantikan, tadi sudah mau tulis tentang pak Sopyan tp sudah ditulis pak Kasek

08 Jul
Balas

Hehehe... Pak Syaihu tadi tdk bilang.

08 Jul

Bapak KS sedang mengabsen nih yee .... saya hadir Pak !

08 Jul
Balas

Hehehe...sdg memberi semangat kepada sesama gurusianer, Pak.

08 Jul

Luar biasa analisanya... Sy juga suka membaca tulisannya Pak

08 Jul
Balas

Iya, Bu. Beliau punya potensi yg sungguh luar biasa.

08 Jul

Keren nih profilnya pak Sopyan. Datanya lengkap dan disertai kalkulasi tulisan. Bahkan sampai dengan tema dan topik bahasan. Lebih keren lagi yang mengulas pak Sopyan adalah bapak Kepala Sekolah yang juga penulis populer di gurusiana. Ini jelas sangat luar biasa.

08 Jul
Balas

Hehehe...besok Bu Eko Hastuti yg akan saya ulas.

08 Jul

Waduh... tapi senang juga, alhamdulillah. Terima kasih sebelum dan sesudahnya pak Edi idolaku hehe..

08 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali