Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya

Validitas Soal Tes CASN Dipertanyakan

Di tengah hiruk-pikuknya pelaksanaan tes CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) yang sampai saat ini masih berlangsung, ada beberapa kalangan yang mempertanyakan validitas soal tesnya. Bahkan melalui medsos, ada sebagian kalangan yang menilai bahwa soal tes CASN tidak valid. Kenapa?

Alasannya sederhana saja. Sebagai alat ukur, setiap soal tes yang dibuat, entah untuk kepentingan apa, harus valid (sahih). Soal tes dikatakan valid atau sahih, jika ia benar-benar bisa dijadikan alat untuk mengukur kemampuan peserta tes.

Sementara itu, berdasarkan teori, kemampuan sekelompok orang yang mengikuti tes, setidaknya ada 60 % yang berada pada kurva normal. Artinya, jika sekelompok orang itu dites, setidaknya akan ada 60 % peserta tes yang lulus. Sehingga tingkat ketidaklulusannya maksimal berkisar 40 %. Tapi dalam tes CASN kali ini lain. Berdasarkan informasi yang beredar, tingkat kelulusan peserta tes di setiap daerah sangat rendah. Hampir tidak ada yang bisa mencapai 10 %. Bahkan ada daerah yang tidak ada seorang peserta tes pun yang lulus.

Karena itu, dinilai wajar jika kemudian ada sebagian kalangan yang menilai kalau soal tes CASN tidak valid. Namun demikian, sebelum soal tes CASN dipakai, pihak berwenang tentu telah melakukan serangkaian proses pengujian. Saya yakin begitu. Apalagi soal tes ini dipakai untuk tingkat nasional.

Adapun tingkat kesulitan soal tes yang dinilai begitu tinggi, tentunya ini memang disengaja. Bagaimanapun untuk menyaring begitu banyak peserta tes guna mendapatkan sedikit orang untuk mengisi formasi yang tersedia, soal tes CASN harus sulit. Dengan soal yang sulit, harapannya hanya peserta yang memiliki kompetensi yang benar-benar tinggi yang bisa lulus.

Secara sepihak menganggap soal tes CASN tidak valid tentu tidak fair. Perlu juga dikaji kesiapan panitia penyelenggara tes maupun kesiapan peserta tes.

Berdasarkan informasi, di beberapa daerah terjadi kasus penundaan jadwal pelaksaan tes. Dengan terjadinya penundaan waktu tes tersebut, ada peserta yang terpaksa harus mengikuti tes pada dini hari, dari jadwal yang semula sore hari. Bahkan ada juga peserta yang ditunda pelaksanaan tesnya pada hari lain. Hal ini disebabkan karena ketersediaan laptop yang tidak mencukupi, gangguan server dan jaringan internet, atau gangguan teknis lainnya.

Penundaan jadwal pelaksanaan tes seperti itu, jelas sangat memengaruhi mental peserta. Bagi peserta tes yang berasal dari luar daerah, apalagi yang sedang hamil tua atau memiliki anak kecil, sangat mungkin kesiapannya untuk mengikuti tes jadi berkurang karena mentalnya telah turun. Meski bagi peserta yang mentalnya kuat, hal tersebut tak akan berpengaruh karena menganggap penundaan jadwal pelaksanaan tes merupakan bagian ujian bagi mereka.

Selain itu, rendahnya tingkat kelulusan peserta tes bisa juga disebabkan karena peserta tes kurang memiliki trik dalam mengerjakan soal. Trik ini diperlukan untuk menyiasati dalam mengerjakan soal tes yang jumlahnya 100 nomor dengan waktu pengerjaan yang hanya 90 menit itu.

Peserta tes hendaknya benar-benar memahami, bahwa dari 100 soal tes yang ada, yang terdiri atas soal tes Wawasan Kebangsaan (35 soal), tes Intelegensia Umum (30 soal), dan tes Karakteristik Pribadi (35 soal), masing-masing memiliki passing grade yang berbeda, yakni 75, 80, dan 143. Setiap peserta hendaknya berusaha untuk setidaknya bisa mencapai skor minimal pada setiap bidang tersebut.

Karena itu, hindari mengerjakan soal tes yang terpaku pada satu atau dua bidang saja. Meski satu atau dua bidang nilainya tinggi, tetapi akan percuma saja jika satu bidang lainnya nilainya di bawah passing grade. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

INFO Tkp yg sulit pak. Mgkn soalnya hots banget.. Standar bsa ditinjau lagi.

02 Nov
Balas

Ya, Pak. Info dari teman gtt yg sdh ikut tes seperti itu.

02 Nov

Informatif, jadi tahu. Terima kasih Pak Edi

02 Nov
Balas

Ya, Bu. Semoga ada manfaatnya.

02 Nov

Benar benar informatif juga trik menghafapinta, sukses selalu dan barakallah

02 Nov
Balas

Amin. Sukses juga utk Bu Ropiah.

02 Nov

Trik yang bermanfaat, kadang peserta hanya terfokus pada bidang tertentu. wah, GOR SATRIA rame terus ya pak. Mksh, pak triknya.

02 Nov
Balas

Syukur, Bu kalau bermanfaat. Iya, Bu sampai malam GOR SATRIA ramai terus.

02 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali