Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Lulusan IKIP Yogyakarta jurusan PMP-KN. Saat ini bertugas sebagai Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah....

Selengkapnya
Waspada, Pejabat Kemdikbud Gadungan Bergentayangan!

Waspada, Pejabat Kemdikbud Gadungan Bergentayangan!

Pagi tadi, melalui grup WA, seorang kolega mengabarkan adanya orang yang mengaku pejabat Kemdikbud mendatangi sekolah-sekolah. Sesuai dengan surat tugas yang dibawanya, dia datang ke sekolah untuk melakukan monitoring pemberian bantuan sarana prasarana pendidikan. Pesan kolega saya itu, kita harus hati-hati dan waspada jika kedatangan orang seperti dia (maaf fotonya tidak saya tunjukkan).

Setelah mencermati surat tugas yang dibawa orang itu, kolega saya memastikan bahwa surat tugasnya palsu. Saya pun kemudian mencermati surat tugas tersebut. Berdasarkan pengamatan saya, betul kalau surat tugas tersebut palsu. Sebab di dalamnya setidaknya terdapat tiga kejanggalan.

Kejanggalan pertama tentang penulisan kata Kementerian yang ditulis kementrian (kurang huruf e di antara huruf t dan r). Kejanggalan kedua, penulisan nama orang yang ditugasi tersebut tidak diawali dengan huruf kapital. Selain itu, tidak dicantumkan NIP-nya. Sedangkan kejanggalan yang ketiga, nama Dirjen Dikdasmennya. Saat ini, yang menjabat Dirjen Dikdasmen adalah Dr. Hamid Muhamad, bukan nama yang terdapat dalam surat tugas itu.

Kejadian semacam ini sebenarnya sudah sangat sering dan modusnya pun bermacam-macam. Ada yang melalui pengiriman email, fax, atau surat, yang mengatasnamakan Kemdikbud untuk memberi bantuan sarana prasarana pendidikan maupun undangan mengikuti workshop. Namun modus dengan mendatangi sekolah secara langsung seperti itu memang tergolong berani.

Apapun modusnya, kita hendaknya selalu waspada dan jangan mudah percaya. Klarifikasi kepada pejabat terkait sangat diperlukan. Karena itu, ada baiknya kita menyimpan nomor telepon pejabat Kemdikbud yang sewaktu-waktu bisa dihubungi. Mudah-mudahan kita bisa terhindar dari tipudaya "pejabat" Kemdikbud gadungan seperti itu. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga kita bisa waspada dan berhati-hati.

02 Nov
Balas

Amin. Ya, Bu mdh2an kita selalu waspada. Sdh 2 bulan tdk menulis di Gurusiana ada apa, Bu?

02 Nov

Ya pak semoga selalu waspada. Eling lan waspada...

31 Oct
Balas

Betul, Pak. Kita harus selalu hati2 dan waspada.

31 Oct

Kalau sdh tau org itu gadungan bahkan ada fotonya, kenapa tdk ada yg melaporkannya ke polisi?

31 Oct
Balas

Mdh2an sdh dilaporkan, Pak.

02 Nov

Betu, pak kepala sekolah. Sekarang ini banyak penipuan, sehingga kita harus tetap waspada. Jazakallah khoir untuk peringatan ini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak.

31 Oct
Balas

Betul, pak kepala sekolah.

31 Oct

Iya, Bu. Saya termasuk orang yang sudah berkali-kali mau ditipu dengan berbagai modus. Untung Allah masih melindungi saya. Salam sehat juga, Bu.

31 Oct

Penipuan akan segera diketahui, ketika data dan tulisan diteliti lebih lanjut, sbg sikap hati hati. Terima kasih infonya pak, barakallah

31 Oct
Balas

Betul, Bu. Asal kita teliti, akan mudah mengetahuinya. Amin.

31 Oct

Oh begitu ya Pak...berarti kita harus waspada..

31 Oct
Balas

Betul, Bu. Jangan mudah percaya pd orang yg mengaku-aku pejabat Kemdikbud.

31 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali