Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Tanda Baca Apostrof

Mengenal Tanda Baca Apostrof

Mungkin masih banyak di antara kita yang belum mengenal tanda baca apostrof. Ini sangat wajar, mengingat dari sekian banyak tanda baca dalam Bahasa Indonesia, tanda baca ini termasuk jarang dipakai. Tanda baca berupa "koma di atas" ( ' ) ini hanya dipakai untuk menunjukkan bahwa ada huruf dalam kata atau angka dalam tahun yang dihilangkan.

Kata 'tlah, 'kan, dan 'tuk misalnya, merupakan penyingkatan dari kata telah, akan atau bukan, dan untuk. Begitu pula angka tahun '45, '98, dan '19, merupakan penyingkatan dari 1945, 1998, dan 2019.

Dengan demikian, penggunaan tanda baca ini pada penulisan kata do'a dan Jum'at misalnya, tentu tidak tepat. Seharusnya dua kata tersebut ditulis doa dan Jumat. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wajib menyimak kalau masalah ini. Nuwun pak Edi, tambah ilmu baru. Sugeng enjing!

23 Dec
Balas

Hehehe...nggih, Pak. Sugeng enjing lan sugeng lenggahan jejer kembaran..

23 Dec

Memang Pak Edi ini suhunya dalam.berbahasa yang baik dan.benar, Barokallah terus berbagi Pak

23 Dec
Balas

Hehehe... Bukan suhu, Pak Syaihu. Meski hanya tahu sedikit, tetap saya bagikan kepada teman. Satu ayat pun tidak mengapa. Sukses selalu untuk Pak Syaihu.

23 Dec

siiip pk, selalu diingat pembelajarannya

23 Dec
Balas

Ya Bu, semoga ada manfaatnya.

23 Dec

Mantaffff. Selalu saja ada yang Pak Edi tuliskan sementara yang lain melupakan. Luar biasa jeli, Pak Edi. Jazakallah khoir, Pak. Pastinya mendatangkan banyak manfaat. Semoga sehat, bahagia, dan sukses selallu. Salam literasi. Barakallah.

28 Dec
Balas

Alhamdulillah... Meski tak seberapa, semoga ada manfaatnya. Semoga Bu Raihana pun selalu sehat, bahagia, dan sukses. Amin.

29 Dec

Alhamdulillah...Pagi pagi dapat ilmu dari Pak Edi. Terima kasih Pak. Sehat, bahagia dan sukses selalu Pak. Barakallah

23 Dec
Balas

Syukurlah, Bu. Semoga bermanfaat. Semoga Bu Desi pun selalu sehat, bahagia, dan sukses.

23 Dec

Alhamdulillah, dapat ilmu baru dan buktikan kata lain yang selama ini salah. Terima kasih banyak Pak Edi. Sukses selalu dan barakallahu fiik

23 Dec
Balas

Syukur kalau ada manfaatnya, Bu. Sukses juga untuk Bu Ropi.

23 Dec

Mantap, mksh pencerahannya pak

23 Dec
Balas

Terima kasih juga, Bu Desi. Semoga bermanfaat.

23 Dec

Terimakasih atas pencerahannya. Sukses buat bapak

23 Dec
Balas

Ya, Bu. Semoga ada manfaatnya. Sukses juga untuk Bu Hasanah.

23 Dec

Matur Nuwun Ilmunya Senior...Sehat Selalu Pak....Ojo Lali Seneng..Hehehe

23 Dec
Balas

Hehehe... Nggih, Pak. Matur nuwun.

23 Dec



search

New Post