Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Perlu, Bimbingan untuk Penulis

Ramainya Gurusiana dengan banyaknya tulisan yang diunggah oleh para penulis dari berbagai daerah di Indonesia, tentu sangat menggembirakan. Ini sekaligus merupakan bukti nyata kalau guru banyak yang memiliki kemampuan menulis. Namun, di balik perasaan gembira, ada satu hal penting yang perlu dipikirkan untuk kemudian dilaksanakan. Apa itu? Bimbingan untuk penulis. Mengapa?

Ya, kalau kita cermati, dari sekian banyak penulis yang telah mengunggah tulisannya, ternyata belum semuanya memiliki kemampuan menulis yang memadai. Yang telah memiliki kemampuan menulis bagus memang sudah banyak, namun yang kemampuan menulisnya masih minim juga tidak sedikit. Hal itu dapat diketahui dari tulisan-tulisan yang telah mereka unggah.

Amati saja! Di antara mereka masih cukup banyak yang belum mampu menulis judul dengan benar. Misalnya, kata-kata pada judul yang seharusnya tidak diawali dengan huruf kapital, nyatanya mereka awali dengan huruf kapital. Selain itu, masih ada yang menggunakan kata-kata tidak baku. Juga ada yang belum memahami bagaimana menuliskan kata depan "di" yang benar. Kadang masih rancu dengan penulisan "di" sebagai awalan.

Di samping itu, masih cukup banyak yang belum mampu menuliskan kata ganti dengan benar. Kata ganti (ku, mu, nya) yang seharusnya ditulis serangkai nyatanya mereka tulis terpisah. Juga masih ada yang belum bisa menuliskan kata-kata berakhiran kan dan nya dengan benar untuk kata-kata yang huruf akhirnya k atau n. Misalnya kata memasukkan dan tulisannya masih mereka tulis memasukan dan tulisanya.

Singkatnya, masih cukup banyak di antara penulis yang belum benar-benar memahami aturan maupun kaidah berbahasa tulis. Tentu saja, mereka tak seharusnya selamanya dibiarkan seperti itu. Mereka perlu dibimbing agar nantinya bisa menjadi penulis yang memiliki kemampuan menulis yang memadai.

Lantas, siapa yang seharusnya membimbing mereka? Tentu saja pihak yang berwenang, yakni MediaGuru. MediaGuru tentu memiliki orang-orang yang memiliki kompetensi tinggi dalam berbahasa tulis. Mereka itulah yang nantinya ditugasi untuk mengisi rubrik Bimbingan bagi Penulis di Gurusiana seminggu sekali misalnya. Dengan adanya bimbingan tersebut, diharapkan kelak semua penulis di blog ini akan memiliki kemampuan menulis yang memadai. Semoga saja. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga ada follow up

21 Jan
Balas

Ya, Bu. Semoga ada sambutan positif dari MG.

21 Jan

editor perlu terjun. Untuk komen tulisan dan isinya. Berikut masukannya. Salam sukses pak!

21 Jan
Balas

Sepertinya perlu juga, Pak. Salam sukses juga.

21 Jan

Idenya bagus pak..Saya juga baru berkeinginan menulis di gurusiana sejak pak Ihsan membuat tantangan..Jadi belum banyak ilmu tentang dunia kepenulisan..Saya setuju dengan ide bapak, mohon koreksinya juga ya pak

21 Jan
Balas

Alhamduillah.... Siap, Bu Hesti.

21 Jan

Ide yang bagus, kami siap untuk belajar dan dibimbing!

21 Jan
Balas

Alhamdulillah... Kita saling melengkapi, Bu.

21 Jan

Semoga ide Pak Eko ini terwujud. Saya salah satu yang sangat membutuhkannya. Terimaksih Pak. Salam sehat, salam literasi.

21 Jan
Balas

Ya Pak, semoga ide ini mendapat tanggapan positif dari MG. Tapi saya bukan pak Eko, lho Pak.

22 Jan

Benar Pak Edi.... salah satunya saya. Kemarin tertulis Atlit. Yang bakunya adalah Atlet. Terimakasih pak, masukannya bermanfaat buat semua. Saya mohon kritikan dari bapak ya. Apalagi tulisan saya yang jauh dari sempurna dan sesuai kaedah muncul ke permukaan. Tq..

22 Jan
Balas

Oh iya, Bu. Insyaallah jika saya menemukan adanya kesalahan penulisan pada tulisan Ibu, akan saya koreksi lagi.

22 Jan

Selalu ada tambahan ilmu setiap membaca artikel Pak Edi. Pak Edi memang senantiasa menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Termasuk saya, penulis pemula bermodal nekad ini... Terima kasih Pak Edi

21 Jan
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih kembali, Bu Ratna. Teruslah berkarya dan tingkatkan kualitas tulisan. Semoga sukses.

21 Jan

Setuju banget.

21 Jan
Balas

Terima kasih, Pak Kas Pani. Semoga MG merespon.

21 Jan

Termasuk saya...Terima kasih Bapak atas idenyaSukses dan sehat selalu

21 Jan
Balas

Tulisan Bu Anik sekarang sudah semakin bagus kok. Semoga Bu Anik pun selalu sehat da sukses. Amin.

21 Jan

Terima kasih BapakSiap belajarSukses dan salam literasi

30 Jan
Balas

Terima kasih kembali, Bu Anik. Salam literasi juga. Teruslah berkarya.

30 Jan

Good, saran yang baik, kita mau juga kok belajar!

21 Jan
Balas

Ya, Bu. Semoga saja MG mau merespon.

21 Jan

Pak Edi, terima kasih sudah memberikan saran luar biasa ini.Jika berkenan, bolehlah tulisan saya dikoreksi ya Pak.

21 Jan
Balas

Insyaallah akan saya sempatkan, Bu. Tunggu saja.

21 Jan

Terima kasih Pak, saya tahu salah satu kesalahan tulisan perdana.Judul saya tulis dengan huruf kapital.

21 Jan
Balas

Teruslah rajin belajar menulis, Bu. Pada saatnya nanti tulisan Ibu juga akan semakin baik.

21 Jan

Terima kasih idenya, Pak. Sebagai penulis pemula saya memang harus banyak bimbingan.

21 Jan
Balas

Sama2, Bu. Hal tsb memang kita butuhkan.

22 Jan

Rajin saja menyambangi tulisan Pak Edi Prasetyo pasti kita akan mendapatkan banyak bimbingan. Sesungguhnya Bapaklah yang telah lama membantu MGI dalam merangkul gusianer untuk peduli akan cara menulis yang benar. Tulisantulisan Pak Edi telah membuat gurusiana sebagai wadah untuk berkarya dan belajar. Ini luar biasa keren Pak... Salam semangat untuk terus memajukan literasi. Barakallah, Pak Edi.

21 Jan
Balas

Hehehe... Cuma sebatas kemampuan saya kok, Bu Enggra. Itu pun kalau saya sedang sempat. Tulisantulisan Bu Enggra sekarang juga sudah semakin bagus. Teruslah berkarya, semoga sukses.

21 Jan

Ide yang bagus pak. Saya juga masih perlu bimbingan...

21 Jan
Balas

Alhamdulillah...Akan saya sempatkan, Bu.

21 Jan

Sepakat setuju 100 persen pak. Termasuk kami sangat ingin dibimbing dikoreksi karna bukan dr basic bahasa, namun senang pengen blajar menulis. Salam ukhuwah pak.sudilah kalau ada waktu mampir ditulisan kami y masih sangat minim.kl tdk ada program tantangan maka bisa2 tdk pernah menulis digurusiana maupun share di MG.terimakasih ilmunya.barakallah pak

21 Jan
Balas

Alhamdulillah... Akan saya usahakan, Bu. Tunggu saja.

21 Jan

Alhamdulillah terimakasih banyak pak Edi Prasetyo. Mendengarnya saja kami sudah bahagia akan dapat ilmu dari Suhuh. Kami guru swasta y tdk ada poin plus untk tulisan tapi kami punya cita2 ingin bljr bisa sampai dapat buku tunggal itu harapan dekatnya semoga bisa aamiin. Tergabung di sini suatu kehormatan.tq b4

21 Jan
Balas

Waduh, bukan suhu, Bu. Hanya karena ingin berbagi. Itu saja. Saya doakan semoga keinginan Ibu utk menulis buku solo segera dikabulkan oleh Allah SWT. Amin.

21 Jan

Setuju pak edi..Saya pun masih belum memiliki kemampuan menulis yang memadai, dan masih butuh bimbingan.Barakallahu fiik pak

21 Jan
Balas

Umumnya kita masih membutuhkan bimbingan, Mas Rezi. Ilmu kepenulisan itu luasnya bak samudera sehingga tak ada penulis yg mampu menguasai seluruhnya. Teruslah berkarya, semoga sukses.

21 Jan

Tulisan bapak sangat berpengaruh sekali pada penulisan saya. Ilmu yg bapak berikan ini, terasa bermanfaat sekali buat saya. Harapan saya bapak jg membaca tulisan saya. Serta memberikan kiritikan dan saran. Sehingga tulisan saya enak dinikmati seperti tulusan bapak. Terimakasih, pak edi..Dan saya jg menunggu dari MGI untuk tambahan ilmu.

22 Jan
Balas

Terima kasih sekali atas apresiasi Bu Eldawati. Akan saya sempatkan membaca tulisan Ibu dan jika ada yg perlu dikritik akan saya lakukan.

22 Jan

Sangat setuju, terutama saya yang menulis diawali dengan free writing. Belajar berani menulis dengan modal tabrak saja, lewati saja, dan sebagainya. Mudahmudahan ide itu terrealisasi. Terima kasih idenya Bapak.

21 Jan
Balas

Yang penting mau menulis dulu, Bu. Sambil terus menulis bisa berbenah diri.

21 Jan

Saya mendukung ide Bapak. Saya juga mohon bimbingan demi kemajuan kualitas menulis saya yang masih rendah. Terima kasih, Bapak.

21 Jan
Balas

Alhamdulillah... Insyaallah akan saya lakukan semampu saya, Bu.

21 Jan

Alhamdulillah sejak bergabung di Gurusiana saya jadi banyak teman dan memperoleh informasi...terima kasih Bapak Edi Prasetyo semoga setiap informasi yang Bapak berikan memotivasi saya untuk.menuangkan ide dalma bentuk tulisan..salam literasi

21 Jan
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih kembali, Bu Enge. Teruslah menulis dan berusaha meningkatkan kualitas tulisan. Insyaallah secara bertahap tulisan Ibu akan semakin bagus. Salam literasi juga, Bu.

21 Jan

Ide yang bagus. Saya juga masih perlu bimbingan sebagai penulis awam

22 Jan
Balas

Terima kasih sekali, Bu Nurli. Kita memang masih butuh bimbingan.

22 Jan

ide bagus bagus dan bermanfaat..trimakasih pak..salam

21 Jan
Balas

Terima kasih, Pak Eko. Salam kembali.

21 Jan

Ide yang luar biasa pak, semoga bisa terlaksana... Saya salah satu orang yang sangat membutuhkan bimbingan.

22 Jan
Balas

Alhamdulillah... Ternyata banyak juga yg membutuhkan bimbingan, ya Bu?

22 Jan

Setuju pak, kalo perlu dibuat seperti djj diklat jarak jauh. Berbagi ilmu itu indah semoga bisa menjadi amal jariah

22 Jan
Balas

Ide yg bagus, Bu. Semoga MG bisa merealisasikan.

22 Jan

Aamiin Ya Rabal'alamin

22 Jan

Akur babget Pak Edi. Semoga ditindaklanjuti oleh MediaGuru.

26 Jan
Balas

Ya, Pak. Harapan kita seperti itu.

26 Jan

Terimakasih Pak...judul saya sdh jelas salah ...pakai huruf kapitalMonggo selaku senior bisa menyampaikan tulisan yg baik dan benar

21 Jan
Balas

Kalau penulisan judul menggunakan huruf kapital semua, justru aman Bu. Asal penulisan katakatanya benar, maka penulisan judulnya juga benar. Yang kadang terjadi kesalahan kalau penulisan judul menggunakan huruf kecil. Tidak semua kata harus diawali dengan huruf kapital. Di situlah potensi terjadinya kesalahan.

21 Jan



search

New Post