Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Semua Menulis, Siapa yang Membaca?

Hari ini, Rabu (15/1), Gurusiana dibanjiri tulisan. Tulisan beragam tema, yang diunggah oleh Gurusianer dari berbagai daerah di Indonesia, memenuhi blog guru terbesar di Indonesia ini. Dengan penuh semangat, mereka ingin menjawab tantangan CEO MediaGuru yang disampaikan beberapa hari lalu. Diprediksi, "banjir tulisan" ini akan berlangsung setidaknya selama 30 hari ke depan. Bahkan bisa jadi, akan berlangsung hingga 90 hari lamanya.

Kemampuan CEO MediaGuru dalam membakar semangat menulis para Gurusuaner memang luar biasa. Iming-iming piagam penghargaan emas dan perak yang dijanjikan bagi pemenang, ternyata menjadi magnet yang mampu mendorong siapa pun untuk menulis. Alhasil, jumlah tulisan yang diunggah di Gurusiana hari ini, sangat luar biasa banyaknya. Rasanya, keadaan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Di balik tigginya semangat Gurusianer dalam menulis mulai hari ini, ada satu pertanyaan yang kiranya wajar jika diajukan. Jika semua Gurusianer menulis, terus siapa yang akan membaca? Apakah selain bersemangat menulis mereka juga bersemangat untuk membaca tulisan-tulisan yang diunggah?

Untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut, tentu dibutuhkan riset kecil-kecilan agar diperoleh data yang akurat. Tapi untuk apa mengadakan riset segala? Bukankan itu hanya akan menambah pekerjaan yang tidak perlu? Lagipula, tujuan kegiatan yang diadakan kali ini adalah untuk mendorong Gurusianer dalam menulis, bukan membaca!

O iya ya. Berarti yang penting seberapa tinggi semangat Gurusianer dalam menulis, bukan membaca. Tapi kalau bisa, pada kesempatan lain juga diadakan kegiatan sejenis untuk mendorong semangat Gurusianer dalam membaca. Agar ada keseimbangan tentunya. Kita tunggu saja. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aku pembaca setiamu Mas

16 Jan
Balas

Terima kasih sekali, Bu Nuraeni.

16 Jan

Siap pak! Saya siapkan baca.

17 Jan
Balas

Ya, Pak. Tidak ikut meulis?

17 Jan

Semangat literasi membaca dan menulis pak edi

15 Jan
Balas

Betul sekali, Bu Hesti. Selamat berkarya, semoga sukses.

15 Jan

Dengan diawali membaca tulisan orang lain sebenarnya secara tak langsung, saya belajar untuk bisa menulis. Walau secara terseokseok karena belum pernah ikut pelatihan menulis khusus secara langsung.

21 Jan
Balas

Ya, Bu. Asal rajin belajar menulis, nantinya juga mampu menulis.

21 Jan

Padahal..., membaca modal utama menulis, ya...Pak. Paketan yang tak terpisahkan. Salam literasi, Pak Edi. Semoga sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

19 Jan
Balas

Iya Bu, tepat sekali. Semoga Bu Raihana pun selalu sehat, bahagia, dan sukses.

19 Jan

Semangat menulis saya peroleh dari membaca Pak Edi. Termasuk membaca tulisan Bapak yang selalu sarat ilmu. Terima kasih sudah mengingatkan saya, bahwa segala sesuatu itu sebaiknya haruslah berimbang

15 Jan
Balas

Alhamdulillah.... Teruslah berkarya, Bu. Tulisan Bu Ratna sudah baik sekali.

15 Jan

Pripun kabare kang mas Edi Presetyo? Mugi diparingi wilujeng semontennugi keluargane sedoyo. Aamiin

15 Jan
Balas

Alhamdulillah saya sekeluarga baikbaik saja, Pak. Semoga Pak Syukri sekeluarga selalu sehat dan bahagia. Amin.

15 Jan

Insya Allah Bapak, semangat menulis muncul karena telah membaca sebuah karya..doakan istiqamah ya Pak

16 Jan
Balas

Alhamdulillah. Semangat menulis dan membaca sama pentingnya, Bu Rahma. Insyaallah istikamah.

16 Jan

Saya tetap semangat membaca, Pak Edi.

15 Jan
Balas

Alhamdulillah. Syukurlah kalau begitu, Bu.

15 Jan

Saya membaca pak,insyaa allah

16 Jan
Balas

Alhamdulillh... Terima kasih, Bu Rizka.

16 Jan

Walau menulis pasti tetap membaca karena sejatinya penulis harus membaca agar mampu mengembangkan tulisannya.

20 Feb
Balas

Seharusnya memang begitu, Bu Eviana. Terima kasih sekali atas apresiasinya.

20 Feb

Membacq agar bisa menulis.

16 Jan
Balas

Ya, Bu. Benar begitu.

16 Jan

Saya masih membaca tulisan pak Edi...

15 Jan
Balas

Oh iya. Terima kasih sekali, Bu Yuria.

15 Jan

Lagi lagi setuju kalau semua menulis, siapa yang membaca ya. Hehehe .Sehat n sukses sllu Bapakku .

27 Jan
Balas

Terima kasih atas apresiasi Bu Rumondang. Semoga Ibu pun selalu sehat, sukses, dan bahagia.

27 Jan

Semangat yg saling beriringan menulis dan membaca. Membaca dan menulis.

16 Jan
Balas

Tepat sekali, Bu.

16 Jan

Semoga Pak Edo juga membaca tulisan saya. Terimakasih .

16 Jan
Balas

Insyaallah, Bu.

16 Jan



search

New Post