Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tulisan Baik belum Tentu Dilirik

Mungkin saja tulisan Anda sudah baik. Setidaknya begitulah menurut penilaian Anda. Selain judulnya unik, gambar ilustrasinya pun apik. Tak hanya itu. Tema tulisan yang Anda pilih juga benar-benar bagus dan bermanfaat bagi banyak orang. Bahkan, pilihan kata dan cara Anda menyajikan tulisan pun benar-benar luar biasa. Bukan hanya efektif dan efisien kalimat-kalimat yang Anda rangkai, melainkan penulisannya juga tak ada kesalahan sedikit pun.

Kendati demikian, setelah tulisan itu Anda unggah, ternyata tak banyak orang yang meliriknya. Hanya sedikit yang mau membacanya. Sampai dua jam lebih Anda menunggu misalnya, jumlah pembaca tulisan Anda belum juga mencapai 25 orang.

Melihat kenyataan seperti itu, apakah Anda lantas kecewa dan bersedih karena merasa jerih payah Anda tidak dihargai? Atau bahkan kemudian Anda putus asa sehingga sampai berjanji di dalam hati untuk tidak akan menulis lagi?

Jangan! Jangan sampai hal itu Anda lakukan. Hendaknya Anda sadari bahwa jumlah pembaca tak selalu ditentukan oleh baik tidaknya sebuah tulisan. Tulisan yang banyak dibaca orang, tak selalu merupakan tulisan yang berkualitas baik. Bisa saja terjadi, tulisan dengan kualitas ala kadarnya ternyata jumlah pembacanya luar biasa. Masa sih? Mengapa bisa seperti itu?

Ya, setiap orang memiliki kebebasan untuk membaca atau tidak membaca sebuah tulisan. Dasar pertimbangannya sangat subjektif. Semuanya merupakan hak mutlak masing-masing orang. Karena itu, tak ada sedikit pun hak penulis untuk memaksa orang lain untuk membaca tulisannya. Kalau begitu, penulis harus bagaimana?

Saran saya, sebaiknya penulis tetap harus berusaha untuk membuat tulisan yang sebaik-baiknya dan yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Berapa pun jumlah pembacanya, tak perlu dipersoalkan. Percaya saja, setiap perbuatan baik yang kita lakukan, asal didasari keikhlasan, akan mendapatkan pahala dari-Nya. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulis saja ilmu, mungkin saat ini tidak dilirik, insha Allah suatu waktu akan ada yang membutuhkannya

29 Jan
Balas

Betul sekali, Bu Fitri. Baik sekali prinsip seperti itu.

29 Jan

Aamiin...semoga bisa tetap istiqomah menulis walaupun tidak banyak yang membaca. Sukses selalu Pak Edi

29 Jan
Balas

Ya Bu, hendaknya tidak patah semangat dan tetap mau menulis. Sukses juga untuk Bu Desi.

29 Jan

Superr... Trims bapak, sangat menginspirasi...

29 Jan
Balas

Alhamdulillah... Syukur kalau menginspirasi, Bu. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Jan

Menjadi penulis pemula memang punya tantangan yang berat. Itu yang saya rasakan. Kadang kadang bosan. Sudah nulis belum ada pembaca. Tapi namanya juga masih belajar, itu artinya tulisan harus terus diperbaiki. Terima kasih telah memberi semangat.

29 Jan
Balas

Perlu kesabaran disertai semangat untuk terus belajar, Bu. Secara bertahap tulisan Bu Rima pun akan bagus. Terima kasih kembali, Bu.

29 Jan

Insyaallah akan terus menulis. Terimakasih, Pak Edi....

29 Jan
Balas

Alhamdulillah.... Ya Bu, teruslah menulis, semoga sukses.

29 Jan

Pak Edi, saya sempat pesimis melihat artikel saya yang minim pembaca. Namun ketika membaca tulisan ini, optimisme kembali tumbuh. Terima kasih, Pak Edi, insyaAllah saya mengikuti anjuran Bapak, menulis sebaikbaiknya dan bisa memberikan manfaat.

31 Jan
Balas

Alhamdulillah. Syukurlah, Bu Rahma. Teruslah berusaha menulis dengan sebaikbaiknya. Tak perlu menghiraukan jumlah pembaca.

01 Feb

Terima kasih pak dukunganya untuk pemula seperti saya, insyaa allah akan terus berbagi kebaikan lewat tulisan, dilirik ataupun tidak

29 Jan
Balas

Betul, Bu Rizka. Teruslah bersemangat menulis untuk berbagi kebaikan.

29 Jan

Semangat dan terus menulis saja ya pa. Terima kasih supportnya bapak.

29 Jan
Balas

Ya Bu, teruslah bersemangat untuk menulis. Semoga sukses. Sama sama, Bu.

29 Jan

Salah itu biasa, untuk menjadi baikpun kadang harus melalui proses gagal dan banyak melakukan kesalahan .. menanamkan dir i bahwa saya masih terus belajar adalah motivasi saya untuk terus menulis ... terima kasih bapak edi sdh diingatkan. Senang membaca tulisan bapak yang bagus dan menginpirasi.

29 Jan
Balas

Betul sekali, Bu Erna. Kepercayaan diri perlu dimiliki oleh setiap penulis. Terima kasih atas apresiasi Bu Erna. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Jan

Setuju pak

29 Jan
Balas

Terima kasih sekali, Pak Sonang.

29 Jan

Samasama pak. Tapi maaf pak, saya ibu loh pak.

29 Jan

Waduh, mohon maaf Bu Sonang. Selamat berkarya, semoga sukses.

30 Jan

Tidak apa pak..sukses buat kita semua pak.

31 Jan

Amin.

31 Jan

Mantap pak, super sekali

29 Jan
Balas

Terima kasih sekali atas apresiasi Pak Edi Salamat. Selamat berkarya, semoga sukses.

29 Jan

Mantap pak guru

31 Jan

Persis sekali pak Edi. Memang itulah kenyataannya. Terima kasih Bapak sempat melirik situasi begini. Saran Bapak sempat merangkul kembali hati sebagian penulis yang hampir terperosok ke jurang kekecewaan. Saya sangat tertarik dengan tulisan Bapak yang begitu apik dan mengalir indah kalau dibaca. Sehat dan sukses sekali ya Pak Edi...

29 Jan
Balas

Terima kasih atas apresiasi Bu Enggra. Syukur jika tulisan ini ada manfaatnya. Tulisan Bu Enggra pun sudah sangat bagus. Semoga Bu Enggra juga selalu sehat dan sukses.

29 Jan

Siaaap pak, siaap untuk terus belajar...

29 Jan
Balas

Ya Bu, setiap penulis hendaknya mau terus belajar. Teruslah berkarya, semoga sukses, Bu Yuria.

29 Jan

Yang penting menulis ya pak. Terima kasih atas motivasinya...

29 Jan
Balas

Ya, Bu. Terus menulis dan mau belajar untuk meningkatkan kualitas tulisan. Sama sama, Bu.

29 Jan

Mau laris tulisan kita dibaca orang.. ?Walau pun blog sy tdk bnyk org yg membaca, tp akan ada perubahan jumlah apbl kita mau mempromosikan tautan/link tulusan kita, srperti di FB grup, FB pribadi, atau di grup WA.Buktikan saja..Sy sudah.Bagaimana dg Anda ?

29 Jan
Balas

Silakan saja, Bu. Terima kasih.

29 Jan

Amin. Terima kasih motivasinya, Pak.

29 Jan
Balas

Terima kasih kembali, Pak Hargo. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Jan

AminMakasih telah berbagi ilmunya.Sehat selalu ya pakSlm

25 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu.

25 Mar

Aamiin....walaupun tak di lirik tapi saya bahagia tulisanku di setujui di tayang pak...apa lagi curhat melalui tulisan ...asyikkk

29 Jan
Balas

Ya Bu, disyukuri saja apa yang telah ada.

29 Jan

Terimakasih Pak

30 Jan

Terimakasih Pak

30 Jan

Terima kasih

29 Jan
Balas

Terima kasih kembali, Bu Amini. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Jan

Setuju sekali dengan saran Bapak. Tulisan kita banyak yang membaca atau tidak itu bukan penghalang untuk terus menulis. Yang penting kita menulis dengan ikhlas dengan tujuan yang baik untuk saling berbagi halhal yang bermanfaat. Tidak dapat like tidak berarti tulisan kita tidak dibaca. Kemarin saya bertemu teman. Dia mengatakan bahwa ia selalu mengikuti dan membaca tulisantulisanku walau tak ada like darinya. Yakinlah bahwa MG adalah sarana tepat untuk para penggemar membaca dan menulis. Jika tulisan kita tidak banyak dibaca teman setidaknya kita bisa membaca tulisan banyak teman. Terima kasih P.Ed

30 Jan
Balas

Alhamdulillah... Begitulah antara lain pesan yang saya sampaikan melalui tulisan di atas. Hendaknya kita menulis dengan ikhlas untuk berbagi kepada orang lain. Terima kasih sekali atas apresiasinya, Bu Robingah.

30 Jan

Aamiin terimakasih supornya, pak Edi.Siap belajar menulis dan menulis walaupun tulusan kita belum dilirik orang,namun keyakinanmelahirkan energi positif untuk kami..

29 Jan
Balas

Terima kasih kembali, Bu Ria. Teruslah bersemangat untuk menulis. Ya Bu, betul seperti itu.

29 Jan

Samasama, pak Edi. Salam literasi

29 Jan
Balas

Salam literasi kembali, Bu Ria. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Jan

Aamiin, YRA.. Doa yang sama buat pak Edi..

30 Jan
Balas



search

New Post