Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
K3S Kutasari Gelar Pelatihan Penulisan Buku
Beberapa foto kegiatan Pelatihan Penulisan Buku yang diselenggarakan oleh K3S Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah

K3S Kutasari Gelar Pelatihan Penulisan Buku

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Penerbit Trik Jitu Purbalingga, menggelar Pelatihan Penulisan Buku bagi para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Karangreja, Kutasari, Purbalingga tersebut rencananya akan berlangsung selama empat hari, mulai Jumat (28/2) hingga Senin (2/3).

Sebanyak 100 peserta yang terdiri atas para guru dari berbagai jenjang pendidikan, kepala sekolah, dan pengawas sekolah terlihat antusias mengikuti kegiatan. Selain berasal dari Purbalingga, peserta kegiatan juga ada yang berasal dari Banyumas, Wonosobo, dan Kebumen. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain Suseno, S.Pd., M.Si., Dra. Rudi Mulyatiningsih, M.Pd., dan Nokman Riyanto, S.Pd.Si.

Selama mengikuti pelatihan yang mengusung tema “Menulis Buku Mudah, Setiap Guru Bisa” itu , seluruh peserta akan menerima materi yang terdiri atas Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga tentang Peningkatan Profesionalisme dan Karier Guru; PAK, PKG, dan PIKI; Pengetahuan Dasar Penulisan Buku; Bahasa Baku dan nonbaku dalam Menulis Buku; Teknik dan Metode Menulis Buku; Penulisan Buku Ajar dan Bahan Ajar; Penulisan Karya Fiksi dan nonfiksi; Praktik Menulis Buku; Publikasi dan Penerbitan Buku; dan Kiat Menembus Penerbit Buku.

Dalam sambutannya, Kasi Ketenagaan dan Pengembangan Pendidik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Suseno, S.Pd., M.Si. menegaskan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga senantiasa mendorong sekaligus memfasilitasi guru untuk melakukan kegiatan Pengembangan Diri, termasuk menulis buku. Karenanya, ia menyambut baik adanya kegiatan Pelatihan Penulisan Buku ini seraya berharap semoga akan banyak guru di Purbalingga yang mampu menulis buku sehingga kenaikan pangkatnya tidak akan terhambat.

Sebelumnya, Ketua K3S Kutasari, Giatno Festisia Gantaro selaku Ketua Panitia mengharapkan agar seusai mengikuti pelatihan, semua peserta akan mampu menghasilkan setidaknya satu buku karyanya. “Buku-buku yang Bapak-Ibu tulis itu, nantinya tidak hanya akan berguna untuk memperlancar kenaikan pangkat, melainkan juga merupakan bukti nyata kemampuan Bapak-Ibu dalam melampiaskan hasrat menulis yang akan dikenang sepanjang masa,” lanjut pria ramah yang akrab disapa Mas Gie itu dalam sambutannya.

Sementara itu, Tri Khasanah, S.Pd. selaku CEO Penerbit Trik Jitu Purbalingga menyatakan kesiapannya untuk membantu semua peserta pelatihan dalam menerbitkan buku. “Pokoknya kami siap membantu proses penerbitan buku-buku karya peserta pelatihan. Sejak pengeditan naskah buku, pembuatan desain cover buku, layout, pengurusan ISBN, sampai pencetakan buku akan kami lakukan dengan sebaik-baiknya. Selama ini, kami pun telah melakukan hal yang sama pada buku-buku karya para peserta pelatihan penulisan buku sebelumnya,” lanjut wanita enerjik yang sehari-hari bertugas sebagai guru di SDN 1 Bojong, Mrebet, Purbalingga itu. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search