Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya

Kegiatan Kepramukaan Memang di Alam Terbuka

Jika masih ada orang yang beranggapan bahwa kegiatan kepramukaan cukup dilakukan di dalam ruangan, itu salah besar. Kegiatan kepramukaan itu merupakan kegiatan menyenangkan yang dilakukan di alam terbuka. Yang melakukan kegiatan orang dewasa dan anak-anak bagaikan kakak beradik. Selain itu, kegiatan yang dilakukan hendaknya sarat dengan nilai-nilai kehidupan, seperti tanggung jawab, kedisiplinan, kerja sama, saling menolong, keterampilan, kesehatan, dan sebagainya.

Karena itu, kegiatan kepramukaan sering dilakukan di lapangan, di hutan, di gunung, di sungai, di pantai, dan sebagainya. Kendati demikian, dalam melakukan kegiatan setidaknya ada empat hal yang hendaknya benar-benar diperhatikan khususnya oleh “Kakak Pembina” selaku penanggung jawab kegiatan.

Pertama, kegiatan yang dilakukan hendaknya benar-benar merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak atau yang lazim disebut “adik-adik”. Kedua, kegiatan tersebut dilakukan atas dasar kesukarelaan, bukan paksaan. Ketiga, kegiatan yang dilakukan sarat dengan nilai-nilai karakter yang diharapkan nantinya dimiliki oleh “adik-adik”. Bagi kita, nilai-nilai yang dimaksud sesuai dengan Dwi Satya atau Tri Satya dan Dwi Darma atau Dasa Darma. Keempat, keselamatan peserta kegiatan hendaknya benar-benar diperhatikan.

Apabila keempat hal tersebut benar-benar bisa dipersiapkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, tak akan ada lagi “adik-adik” yang merasa terpaksa, lebih-lebih menggerutu dalam mengikuti kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan akan menjadi salah satu kegiatan yang selalu mereka nantikan kehadirannya. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search