Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kesalahan Penggunaan Kata 'adalah'

Kesalahan Penggunaan Kata 'adalah'

Kita sering membaca, atau bahkan menulis kalimat-kalimat yang menggunakan kata 'adalah'. Misalnya saja kalimat: Guru adalah profesi mulia; Buku adalah jendela dunia; Menulis adalah kebutuhan guru; dan sebagainya.

Banyak di antara kita yang menganggap penggunaan kata 'adalah' pada kalimat-kalimat tersebut sudah benar. Benarkah demikian? Mari kita baca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, kata 'adalah' memiliki tiga arti. Pertama, identik dengan. Kedua, sama maknanya dengan. Ketiga, termasuk dalam kelompok atau golongan.

Contoh kalimat yang menggunakan kata 'adalah' yang artinya 'identik dengan' misalnya Pancasila adalah falsafah bangsa Indonesia. Sementara contoh kalimat yang menggunakan kata 'adalah' yang artinya 'sama maknanya dengan' misalnya April adalah bulan keempat. Sedangkan contoh kalimat yang menggunakan kata 'adalah' yang artinya 'termasuk dalam kelompok atau golongan' misalnya Saya adalah penggemar Rhoma Irama.

Pada contoh kalimat pertama dan kedua, selain memiliki kepastian yang tak terbantahkan kebenarannya, letak kata maupun frasa yang di depan dan di belakang kata 'adalah' juga bisa ditukar tanpa mengubah makna. Siapa yang membantah kebenaran kalau Pancasila adalah falsafah bangsa Indonesia? Kemudian jika kalimat tersebut diubah menjadi Falsafah bangsa Indonesia adalah Pancasila, tetap sama maknanya bukan?

Begitu pula pada contoh kalimat kedua. Siapa yang akan membantah kebenarannya kalau April adalah bulan keempat? Kemudian jika kalimat tersebut diubah menjadi Bulan keempat adalah April, maknanya tetap sama saja bukan?

Kemudian pada contoh kalimat ketiga, sangat mudah dipahami bahwa penggemar Rhoma Irama tentu bukan hanya saya. Saya hanya merupakan bagian dari kelompok atau golongan orang penggemar Rhoma Irama.

Lantas bagaimana penggunaan kata 'adalah' pada contoh-contoh kalimat yang saya sebutkan pada paragraf pertama tadi? Apakah sudah benar? Mari kita uji.

Coba kita ubah dulu susunan kalimat-kalimat tersebut. Profesi mulia adalah guru; Jendela dunia adalah buku; dan Kebutuhan guru adalah menulis.

Menurut Anda, setelah kalimat-kalimat tersebut diubah susunannya menjadi seperti itu, apakah maknanya sama saja? Apakah yang merupakan profesi mulia hanya guru; jendela dunia hanya buku; dan kebutuhan guru hanya menulis? Tidak, bukan? Masih ada profesi mulia selain guru, misalnya dokter dan perawat. Masih ada jendela dunia selain buku, misalnya internet. Masih banyak kebutuhan guru selain menulis.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kata 'adalah' pada kalimat-kalimat tersebut salah. Kalau begitu, kata apa yang lebih cocok digunakan untuk menggantikan kata 'adalah' pada contoh-contoh kalimat tersebut?

Kata 'merupakan' akan lebih cocok untuk menggantikannya. Coba saja kita rasakan jika contoh-contoh kalimat tersebut diubah menjadi Guru merupakan profesi mulia; Buku merupakan jendela dunia; dan Menulis merupakan kebutuhan guru.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya. Salam literasi! [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus ulasan anda. Terima kasih. Saya adalah penulis yang kadang salah menuliskan kata adalah dalam kalimat.

21 Feb
Balas

Terima kasih atas apresiasi Pak Purbo.

21 Feb

Terima kasih Mas Eko. Barakallah

21 Feb
Balas

Saya bukan Mas Eko, Pak. Amin.

21 Feb

Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi dari Pak Edi. Terima kasih Pak, sukses selalu. Barakallah

21 Feb
Balas

Terima kasih kembali, Bu Desi. Semoga bermanfaat. Sukses juga untuk Bu Desi. Amin.

21 Feb

Alhamdulillah, dapat ilmu baru lagi. Terima kasih banyak Pak Edi. Sukses selalu dan barakallahu fiik

21 Feb
Balas

Terima kasih kembali, Bu Ropi. Semoga Bu Ropi selalu sehat, sukses, dan bahagia.

21 Feb

Jazakillah khair.. Semangat berbagi ilmu. Semoga selalu sehat dan sukses Pak Edi

21 Feb
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih kembali, Bu Ratna. Semoga bermanfaat. Semoga Bu Ratna pun selalu sehat dan sukses.

21 Feb

Mksih ilmunya..

21 Feb
Balas

Terima kasih kembali, Bu Azizah. Semoga bermanfaat.

21 Feb

Bermanfaat, Pak Guru.

21 Feb
Balas

Alhamdulillah... Syukur kalau bermanfaat, Pak Wahyu.

21 Feb

Terima kasih

21 Feb
Balas

Terima kasih kembali, Bu Laili. Semoga bermanfaat.

21 Feb

Trimakasih ilmunya Pak

21 Feb
Balas

Terima kasih kembali, Bu Sutini. Semoga bermanfaat.

21 Feb

Terima kasih ilmunya, Pak.

21 Feb
Balas

Terima kasih kembali, Bu Rahma. Teruslah berkarya, semoga sukses.

21 Feb

Terima kasih ilmunya pak,,,

21 Feb
Balas

Terima kasih kembali, Bu Rizka. Semoga bermanfaat.

21 Feb

Terima kasih ilmunya Pak. Jujur saya tidak terlalu paham dalam penggunaan kata adalah yang benar. Setelah membaca tulisan Bapak akhirnya saya tercerahkan.

21 Feb
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih kembali. Syukur jika Mas Rezi sekarang sudah paham. Teruslah berkarya, semoga sukses.

21 Feb

Sungguh bermamfaat pak. Kadang lupa saat menulis, mesti baca berulang kali.

21 Feb
Balas

Syukur jika bermanfaat, Bu. Kalau sudah terbiasa, insyaallah tidak akan lupa lagi, Bu.

21 Feb

Mantap pak .. Maturnuwun

21 Feb
Balas

Terima kasih, Bu Nur.

21 Feb

Terima kasi Pak Edi. Bertambah lagi pengetahuan saya. Semoga Bapak sehat terus. Amin.

21 Feb
Balas

Amin. Terima kasih sekali atas doa Pak Hargo. Semoga Pak Hargo sekeluarga selalu sehat dan bahagia.

21 Feb

Terimakasih atas ilmu yg telah bpk bagikan.Semoga bpk semakin sukses

25 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Mar

Terimakasih ilmu nya pak

21 Feb
Balas

Terima kasih kembali, Bu Marni. Semoga bermanfaat.

21 Feb

Terima.kasih ilmunya pak. Saya baru tahu, tentang penggunaan adalah

21 Feb
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih kembali, Bu Silvi. Semoga bermanfaat.

21 Feb

Penjelasan yang sangat gamblang walaupun sederhana tetapi membuka cakrawala saya, "Bapak merupakan pembuka wawasan saya", trima kasih ats ilmu nya Pak, salam, semoga Bapak sehat dan selalu sukses, Aamiin.

21 Feb
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih sekali atas doanya, Pak Mul. Semoga Pak Mul pun selalu sehat dan sukses.

21 Feb

Aamiin, mksih juga atas doa nya Pak, salam

21 Feb

Terima kasih kembali, Pak Mul.

21 Feb



search

New Post