Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kerancuan Penulisan Kata 'di'

Sampai saat ini masih cukup banyak orang yang rancu dalam menuliskan kata di. Di sebagai kata depan sering ditulis secara berkebalikan dengan di sebagai imbuhan. Sebagai kata depan, seharusnya di ditulis terpisah dengan kata berikutnya. Sementara sebagai imbuhan, seharusnya di ditulis serangkai dengan kata berikutnya. Namun kenyataannya, masih cukup banyak orang yang menuliskan kata depan di serangkai dengan kata berikutnya, sementara imbuhan di justru ditulis terpisah dengan kata berikutnya.

Beberapa contoh di antaranya yakni kata : ditepi jurang, dibibir pantai, dibalik bukit, diantaranya, didalam rumah, di perpanjang, di batalkan, di tulis, di masukkan, dan di hindari.

Kerancuan penulisan tersebut bisa jadi karena orang yang bersangkutan belum memahami kaidah penulisannya. Padahal, jika mau membaca Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), setiap orang akan dengan mudah untuk bisa memahaminya. Kalaupun jarang membuka PUEBI, setiap orang akan dengan mudah untuk mengingatnya. Jika di diikuti keterangan tempat, berarti di tersebut merupakan kata depan sehingga penulisannya dipisah dengan kata berikutnya. Sementara jika di diikuti kata kerja, berarti di tersebut merupakan imbuhan sehingga penulisannya serangkai dengan kata berikutnya. Mudah sekali, bukan? [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pak Edi, sugeng pepanggihan malih. Terima kasih telah mengingatkan. Salam dari Magelang.

25 Mar
Balas

Alhamdulillah... Mugia Pak Agus sakgarwa putra tansah dipun paringi kawilujengan dening Allah Swt. Salam ugi saking Purbalingga, Pak.

25 Mar

O begitu ya pak. Yg serangkai contoh tempat terpisah : di balik pintuContoh serangkai : dibatalkan. Benarkah

25 Mar

Ya, Pak Kaboel. Betul seperti itu contohnya.

25 Mar

'tempat terpisah kerja serangkai'.....contohnya; di balik pintu, dibatalkan...begitu kah pak? terimakasih

25 Mar
Balas

Iya, Bu. Terima kasih kembali.

25 Mar

Alhamdulillah, Pak Edi masih mau mengingatkan. Terima kasih Pak. Sukses selalu dan barakallahu fiik

25 Mar
Balas

Iya, Bu. Meski hal tsb sudah sering ditulis, nyatanya masih ada saja yg masih melakukan kekeliruan sehingga perlu diingatkan, Bu. Sukses juga untuk Bu Ropiah.

25 Mar

Terimakasih ilmunya pak

25 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Ni'matul. Teruslah berkarya, semoga sukses.

25 Mar

Trmksh ilmunya mas

25 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Faizah.

26 Mar

Luar biasa! Bapaklah yg amat konsisten dalam meluruskan kesalahan penulisan kata dan kalimat. Saya banyak terinspirasi dari tulisan bapak. Terima kasih pak Edi.

25 Mar
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih, Bu Enggra. Jika memang ada penulisan yg masih perlu diperbaiki, hendaknya kita berusaha untuk memperbaikinya.

25 Mar

Terima kasih selalu dan selalu mengingatkan terus. Sehat selalu pak edi

26 Mar
Balas

Terima kasih sekali atas doa Bu Hasanah. Semoga Bu Hasanah pun selalu sehat dan sukses.

26 Mar

Makasih Senior.. Super Sekali

25 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Pak Didik. Teruslah bersemangat utk menulis, semoga sukses.

25 Mar

Tks ilmunya pak

26 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Pak Ali Hasan. Teruslah berkarya.

26 Mar

Alhamdulillah, terimakasih ilmunya pak Edi, karena saya sadar masih banyak tulisan saya yg harus diperbaiki. Tapi setelah ilmu yg bapak berikan ini , semoga kesalahan saya tak terulang lagi. Salam santun..

25 Mar
Balas

Alhamdulillah. Syukurlah jika tulisan ini ada manfaatnya, Bu Elda. Teruslah bersemangat untuk menulis, semoga sukses. Salam santun kembali.

25 Mar

Alhamdulillah terimakasih telah diingatkan pak, saya sadar, tulisan masih sangat banyak salah.

25 Mar
Balas

Ya, Bu. Semoga nantinya tidak lagi melakukan kesalahan penulisan.

25 Mar

Terimakasih ilmunya pak. Baarakallah .Sehat terus ya pak

25 Mar
Balas

Amin. Terima kasih kembali, Bu Maryati. Teruslah berkarya.

25 Mar

Alhamdulillah. Matur nuwun sanget ilmunipun.

25 Mar
Balas

Sami sami, Pak Hargo. Mugi mugi wonten manfangatipun.

25 Mar

Alhamdulillah, saya dapat ilmu lagi dari pak ediMakasih,

25 Mar
Balas

Alhamdulillah... Semoga tulisan singkat ini ada manfaatnya.

25 Mar

Terimakasih telah menginggatkan

25 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Marni. Teruslah berkarya, semoga sukses.

25 Mar

Mekaten nggih pak, " Ayam kesayangan ku itu sedang dimasak oleh bibi di dapur."

25 Mar
Balas

Ya, Bu. Namun kata ganti 'ku' pada contoh kalimat tsb seharusnya ditulis serangkai dg kata di depannya.

26 Mar

Matur nuwun,

25 Mar
Balas

Makasih Bapak yg telah mengingatkan, barakallah. Sehat selalu buat Bapak. Aamiin.

25 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Pak Mul. Semoga Pak Mul selalu sehat, sukses, dan bahagia. Amin.

25 Mar

Terimakasih Pa Edi Prasetyo sudah mengingatkan kami para gurusaner

25 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Nani. Teruslah bersemangat untuk berkarya, semoga sukses.

25 Mar



search

New Post