Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya

Kerancuan Penulisan Kata 'di'

Sampai saat ini masih cukup banyak orang yang rancu dalam menuliskan kata di. Di sebagai kata depan sering ditulis secara berkebalikan dengan di sebagai imbuhan. Sebagai kata depan, seharusnya di ditulis terpisah dengan kata berikutnya. Sementara sebagai imbuhan, seharusnya di ditulis serangkai dengan kata berikutnya. Namun kenyataannya, masih cukup banyak orang yang menuliskan kata depan di serangkai dengan kata berikutnya, sementara imbuhan di justru ditulis terpisah dengan kata berikutnya.

Beberapa contoh di antaranya yakni kata : ditepi jurang, dibibir pantai, dibalik bukit, diantaranya, didalam rumah, di perpanjang, di batalkan, di tulis, di masukkan, dan di hindari.

Kerancuan penulisan tersebut bisa jadi karena orang yang bersangkutan belum memahami kaidah penulisannya. Padahal, jika mau membaca Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), setiap orang akan dengan mudah untuk bisa memahaminya. Kalaupun jarang membuka PUEBI, setiap orang akan dengan mudah untuk mengingatnya. Jika di diikuti keterangan tempat, berarti di tersebut merupakan kata depan sehingga penulisannya dipisah dengan kata berikutnya. Sementara jika di diikuti kata kerja, berarti di tersebut merupakan imbuhan sehingga penulisannya serangkai dengan kata berikutnya. Mudah sekali, bukan? [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search