Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Siapa pun Boleh Menulis Puisi

Puisi memang termasuk karya sastra, namun tak ada pembatasan siapa yang boleh menulisnya. Tak hanya sastrawan yang boleh menulis tentunya. Siapa pun, termasuk guru, bahkan siswa, boleh saja menulisnya.

Selama ini, banyak kalangan menilai bahwa menulis puisi itu tidak mudah. Puisi bukan sekadar rangkaian kata yang penulisannya diatur menjadi beberapa bait. Kata-kata dalam puisi, merupakan kata-kata pilihan yang memiliki kedalaman makna dan kaya estetika. Untuk menulisnya, butuh perenungan mendalam yang melibatkan logika, perasaan, dan kemampuan tingkat tinggi dalam memilih kata. Karenanya, tak sembarang orang bisa membuatnya.

Atas dasar penilaian seperti itu, kadang ada sebagian orang yang secara apriori menganggap bahwa tidak setiap tulisan yang meski oleh penulisnya disebut puisi, akan layak untuk disebut puisi. Dengan alasan tulisan tersebut lemah diksinya, dangkal maknanya, dan miskin estetika, maka mereka kemudian mengatakan kalau tulisan tersebut bukanlah puisi. Paling banter, tulisan semacam itu akan mereka katakan sebagai tulisan yang “menyerupai puisi”.

Bagi sebagian orang, lebih-lebih yang baru pada taraf belajar menulis puisi, penilaian seperti itu memang terasa sangat menyakitkan. Upaya dirinya untuk bisa menulis puisi, langsung dilindas dengan komentar pedas yang sama sekali tidak konstruktif. Mereka bukannya tidak menyadari kalau puisi yang telah mereka tulis masih memiliki banyak kelemahan. Namun yang mereka butuhkan bukan komentar pedas semacam itu. Dengan kerendahan hati, mereka justru membutuhkan bimbingan dari siapa pun yang telah memiliki kemampuan tinggi dalam menulis puisi. Mereka pun menginginkan agar suatu saat nanti juga bisa menulis puisi yang baik seperti para penulis puisi lainnya.

Bagi Anda yang tengah menekuni penulisan puisi, teruslah menulis puisi dengan tidak lupa senantiasa belajar dengan berbagai cara agar memiliki kemampuan menulis puisi yang baik. Siapa pun mempunyai hak untuk menulis puisi kok. Jika mendapatkan kritikan pedas atas puisi karya Anda, tidak usah terlalu Anda pikirkan. Anggap saja itu cambuk yang akan membuat Anda semakin bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menciptakan puisi yang baik.

Kemudian bagi Anda yang telah memiliki kemampuan tinggi dalam menulis puisi, lebih bijaklah dalam mengkritisi puisi-puisi karya para penulis pemula. Bimbinglah dan ajarilah mereka tentang menulis puisi yang baik. Jangan malah sebaliknya Anda mencela atau memberikan kritik pedas yang justru berpotensi mematikan kreativitas mereka. Hendaknya Anda menyadari, sebelum menjadi penulis puisi hebat seperti saat ini, bisa jadi dulunya kemampuan Anda pun tidak berbeda dengan mereka. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah.. Tulisan pak Edi selalu bernutrisi dan memotivasi. Terima kasih pak.

13 Mar
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih sekali atas apresiasinya, Bu Masrifa. Teruslah berkarya, semoga sukses.

13 Mar

Masyaallah, semoga tulisan ini dibaca banyak penulis, terutama yang suka menulis puisi. Tulisan Pak Edi sungguh memotivasi. Barakallah ilmunya, Pak Edi.

13 Mar
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih kembali, Bu Dian. Semoga tulisan ini bermanfaat.

13 Mar

Jadi ingin nulis puisi

06 Apr
Balas

Imun hangat sore ini. Betul bapak... Bagi yang baru menulis puisi, tentu modal keberanian dulu.

13 Jul
Balas

Benar Pak Edi. Saya sudah mencoba dan memang tidak mudah. Terima kasih atas segala ilmunya, Pak Edi

13 Mar
Balas

Meski tidak mudah, teruslah berusaha, Bu. Sesuatu yg diperoleh dengan kesulitan, biasanya terasa sangat nikmat.

13 Mar

Terima kasih pak, jadi semangat lagi menulis puisi

13 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Rina. Teruslah bersemangat utk menulis puisi maupun yg lainnya. Semoga sukses.

13 Mar

Mantap bener, Pak. Barokallah.

13 Mar
Balas

Terima kasih sekali, Bu Munsuro. Amin. Teruslah bersemangat utk menulis, semoga sukses.

13 Mar

Terimakasih pencerahannya pak Edi, saya termasuk salah seorang yang sedang belajar menulis puisi....

13 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Yuria. Semoga upaya Bu Yuria akan membuahkan hasil yg menggembirakan.

13 Mar

Kalau puusi saya gimana ya? Jadi pingin dibkritisi pak edy nih...

13 Mar
Balas

Hehehe... Kalau puisi Bu Faiq kelihatannya sudah bagus lho.

13 Mar

Betul sekali pak edi, butuh perenungan yang luar biasa untuk bisa membuat puisi.

13 Mar
Balas

Iya, Bu. Betul. Itulah sebabnya maka banyak yg mengatakan kalau menulis puisi itu tidak mudah.

13 Mar

entah kenapa... buat saya menulis puisi itu sulit, sangat sulit... apa ada hubungannya dgn jiwa sy yang kurang imajinatif ya Pak?

04 Apr
Balas

Btul pak ...nulis puisi penuh perasaan..Saya tak tau gimana tulisan puisiku selama ini..entah memenuhi kriteria Pak...tolong saran Pak Edi Prasetyo....

13 Mar
Balas

Coba kapan2 saya baca puisi tulisan Bu Asma. Sepertinya sudah bagus kok.

13 Mar

Terima kasih Pak pencerahannya....

13 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Ratna. Teruslah bersemangat utk menulis, semoga sukses.

13 Mar

Terimakasih pak. Saya merasa tercerahkan.

13 Mar
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih kembali, Bu Mursyidah. Teruslah berkarya, semoga sukses.

13 Mar

Goresan pak Edi jadi inspiratif bagi kami penulis pemula, semoga dengan berjalannya waktu akan melejit juga bisa menulis seperti orang yang puitis aslinya, do'a kita semua sama.

13 Mar
Balas

Alhamdulillah... Syukur jika tulisan sederhana ini bisa menginspirasi Bu Witma. Saya doakan Bu Witma akan mampu menulis puisi dg baik.

13 Mar

Terimakasih pak ilmunya.Barakallah

13 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Riani. Amin.

13 Mar

Saya suka puisi, tapi untuk menulisnya sungguh harus mengerahkan fikiran. Terima kasih penguatan dan motivasi nya pak edi. Salam kenal dari belitong. Salam literasi. Barokallah..

13 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Deysi. Teruslah berusaha utk menulis puisi. Optimis saja, Bu Deysi tentu bisa. Salam kenal kembali, Bu. Amin.

13 Mar

saya suka bacanya Pak. Tapi belum bisa buat. Tapi mau belajar

17 Apr
Balas

Belajar menulis puisi memang bikin galau juga dalam hal diksinya pak

11 Jun
Balas



search

New Post