Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya

Siapa pun Boleh Menulis Puisi

Puisi memang termasuk karya sastra, namun tak ada pembatasan siapa yang boleh menulisnya. Tak hanya sastrawan yang boleh menulis tentunya. Siapa pun, termasuk guru, bahkan siswa, boleh saja menulisnya.

Selama ini, banyak kalangan menilai bahwa menulis puisi itu tidak mudah. Puisi bukan sekadar rangkaian kata yang penulisannya diatur menjadi beberapa bait. Kata-kata dalam puisi, merupakan kata-kata pilihan yang memiliki kedalaman makna dan kaya estetika. Untuk menulisnya, butuh perenungan mendalam yang melibatkan logika, perasaan, dan kemampuan tingkat tinggi dalam memilih kata. Karenanya, tak sembarang orang bisa membuatnya.

Atas dasar penilaian seperti itu, kadang ada sebagian orang yang secara apriori menganggap bahwa tidak setiap tulisan yang meski oleh penulisnya disebut puisi, akan layak untuk disebut puisi. Dengan alasan tulisan tersebut lemah diksinya, dangkal maknanya, dan miskin estetika, maka mereka kemudian mengatakan kalau tulisan tersebut bukanlah puisi. Paling banter, tulisan semacam itu akan mereka katakan sebagai tulisan yang “menyerupai puisi”.

Bagi sebagian orang, lebih-lebih yang baru pada taraf belajar menulis puisi, penilaian seperti itu memang terasa sangat menyakitkan. Upaya dirinya untuk bisa menulis puisi, langsung dilindas dengan komentar pedas yang sama sekali tidak konstruktif. Mereka bukannya tidak menyadari kalau puisi yang telah mereka tulis masih memiliki banyak kelemahan. Namun yang mereka butuhkan bukan komentar pedas semacam itu. Dengan kerendahan hati, mereka justru membutuhkan bimbingan dari siapa pun yang telah memiliki kemampuan tinggi dalam menulis puisi. Mereka pun menginginkan agar suatu saat nanti juga bisa menulis puisi yang baik seperti para penulis puisi lainnya.

Bagi Anda yang tengah menekuni penulisan puisi, teruslah menulis puisi dengan tidak lupa senantiasa belajar dengan berbagai cara agar memiliki kemampuan menulis puisi yang baik. Siapa pun mempunyai hak untuk menulis puisi kok. Jika mendapatkan kritikan pedas atas puisi karya Anda, tidak usah terlalu Anda pikirkan. Anggap saja itu cambuk yang akan membuat Anda semakin bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menciptakan puisi yang baik.

Kemudian bagi Anda yang telah memiliki kemampuan tinggi dalam menulis puisi, lebih bijaklah dalam mengkritisi puisi-puisi karya para penulis pemula. Bimbinglah dan ajarilah mereka tentang menulis puisi yang baik. Jangan malah sebaliknya Anda mencela atau memberikan kritik pedas yang justru berpotensi mematikan kreativitas mereka. Hendaknya Anda menyadari, sebelum menjadi penulis puisi hebat seperti saat ini, bisa jadi dulunya kemampuan Anda pun tidak berbeda dengan mereka. [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search